Pengalaman Naik Honda CBR150R Dari Banda Aceh Ke Medan Selama 13 Jam

Google Map Images

Selamat pagi, saya ingin berbagi kepada kawan semua perihal pengalaman saya naik motor Honda CBR150R dengan jarak Medan Banda Aceh selama 13 jam. Karena berbagai pertimbangan saya memutuskan untuk membawa motor ke Medan karena akan berada di kota ini selama beberapa waktu. Motor yang saya bawa adalah Honda CBR 150 keluaran 2016. Alhamdulillah cuma perlu isi bensin sekali di Langsa. Setelah saya hitung-hitung perkiraan habis biaya bensin hanya sekitar Rp. 70.000 – Rp. 80.000 saja. Baca review lengkap dari kami di Review Honda All New CBR150R yang kami ulas sendiri.

Kita mulai saja kronologi travelling yang memakan waktu 13 jam ini. Start dimulai dari rumah pukul 7.20 WIB pada akhir Maret 2017 yang lalu.

Google Map images

Perjalanan dari Banda Aceh sampai ke Sigli kira-kira memakan waktu 2 jam 15 menit. Kita akan melewati Seulawah yang jalannya berkelok-kelok dan berbahaya. Saran saya lebih hati-hati selama di sini karena ada dua hal. Yang pertama, tikungan tajam kurang tampak pada jalan lurus sehingga pada kecepatan diatas  70-80 km/jam harus tiba-tiba mengerem saat menyentuh tikungan, sampai 30 km/jam sebagai kecepatan aman untuk menikung.

Apalagi kita terkadang akan mengalami kesulitan perspektif view dimana jalan yang sebenarnya menurun malah terlihat lurus! Saya beberapa kali mengalami tipuan ini sehingga nasehat dari saya buat teman, kurangi kecepatan jika sudah terlihat tikungan maksimal sampai 50 km/jam saja.

Sebenarnya kita bisa memotong jalan dan tidak perlu ke kota Sigli langsung, namun saya lebih memilih mengikuti jalan yang disediakan penunjuk jalan agar tidak tersesat :(.

Dilanjutkan perjalanannya dari Sigli ke Bireun dimana memakan waktu tepat 2 jam. Disini saya berhenti makan siang selama 30 menit. Dan melanjutkan perjalanan pada jam 12.00.

Google Map Image

Dari Bireun ke Lhokseumawe, ada perbaikan jembatan sehingga harus memutar lewat jalan yang masih dalam proses pembuatan. Jalannya kasar dan hanya bisa dengan kecepatan 20 – 30 km/jam. Disini kita akan menghabiskan 25 menit untuk berputar2 dijalan berbatu. Semoga saat saya balik jembatannya selesai diperbaiki ya :).

Google Map Images

Sampai di Langsa sudah mulai hujan dan saya lupa persisnya berapa jam untuk sampai ke sini. Tapi seingat saya butuh waktu minimal 4 jam termasuk selama perbaikan jalan di Lhokseumawe.

Akhir cerita saya sampai di Medan pada pukul 8.30 dan malam itu sedang hujan serta jalan yang tergenang air namun saya memutuskan untuk meneruskan perjalanan supaya cepat dapat segera beristirahat setelah perjalanan panjang ke tujuan saya di Citi Inn Medan.

Penerangan jalan dari Stabat ke Binjai dilanjutkan ke Medan cukup memadai namun jalan di putaran Binjai sangat buruk sehingga saya waktu itu habis basah karena jalan yang berlubang ditambah genangan air yang ada disana.

Perjalanan Pulang Medan ke Banda Aceh
Perjalanan Pulang Medan ke Banda Aceh (Edited 30 April 2017)

Singkat cerita perjalanan selama 13 jam tersebut aman dan terkendali walaupun ada satu orang gila yang menyeberang jalan dengan sengaja ingin menarik saya dan motor saya di Langsa, teman-teman harus tetap hati-hati dengan hal buruk yang mungkin terjadi.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.