Tempat Wisata Di Kuningan Jawa Barat

Keberadaan Kabupaten Kuningan yang terletak di Jawa Barat tak menyurutkan para wisatawan untuk berkunjung. Mungkin bagi anda yang tinggal di luar Jawa Barat agak kurang akrab mendengar daerah ini. Akan tetapi, jangan salah menilainya karena ada tempat wisata yang disuguhkan dengan memukau.

Ketika anda mencoba jalan-jalan ke Kuningan, tidaklah mesti bingung karena aksebilitas yang terbilang cukup mudah. Anda bisa mengunjungi berbagai objek menarik yang dimulai dari Gedung Perundingan Linggarjati yang termasuk wisata bersejarah yang memiliki nilai yang tinggi. Bukan hanya itu, masih ada sejumlah tempat wisata Kuningan seperti ini.

Tempat Wisata Di Kuningan Jawa Barat

  1. Gedung Perundingan Linggarjati
Gedung Perundingan Linggarjati
Gedung Perundingan Linggarjati

Apa yang terbenak dipikiran anda tentang tempat wisata yang satu ini? Ya, inilah tempat yang digunakan untuk melakukan perundingan antara Indonesi dan pihak Belanda, tepatnya November 1946. Dengan demikan objek wisata ini disebut Gedung Perundingan Linggarjati.  Uniknya gedung museum tersebut terdapat sejumlah foto dokumentasi serta perabotan yang masih sama persis dengan yang difungsikan pada Perundingan Linggarjati.

  1. Air Terjun Putri
Air Terjun Putri
Air Terjun Putri

Air Terjun Putri berada di Patulungan dekat dengan Taman Nasional Gunung Ciremai. Anda harus menempuh 10 menit saja untuk sampai ke air terjun ini dengan melalui anak tangga yang menurun. Selain itu, anda dapat menyebrng sungai yang kecil  untuk segera menikmati guyuran air yang menyegarkan dari ketinggian sekitar 12 meter. Tak lengkap jika anda hanya datang sendiri, ajaklah teman atau keluarga untuk berenang-renang di bawah air terjun yang jernih airnya. Jika tidak suka berenang, cukup bermain air saja.

  1. Gunung Ciremai
Gunung Ciremai
Gunung Ciremai

Siapkah anda mendaki di Gunung Ciremai? Segeralah anda mendaki ke gunung ini dengan ketinggiam 3.080 Mdpl. Anda bisa melakukan jalur pendakian dari Linggarjati. Seketika sampai anda akan dikejutkan dengan bungan edelwies, sebuha kawah serta tak luput dari lautan alam. Jika langit sedang bersahabat, anda pun bisa melihat Gunung Slamet dari puncak gunung ini. Satu lagi yang tak boleh tertinggal yakni sunrise  yang memukau.

  1. Cibulan
Cibulan
Cibulan

Cibulan merupakan objek rekreasi yang cocok untuk berlibur bersama keluarga. Di sinilah akan ditawarkan berbagai kolam yang menjadikan ciri khas tersendiri. Beberapa diantaranya yaitu, Kolam Linggarjati, Kolam Cigugur serta Kolam Darma Lokal. Menurut masyarakat setempat, konon terdapat satu spesies ikan yang merupakan reinkarnasi prajurit Prabu Siliwangi. Berbagai jenis ikan dinamakan denfan Ikan Dewa, katanya jumlahnya tidak bertambah maupun berkurang sejak dahulu.

  1. Waduk Darma
Waduk Darma
Waduk Darma

Setidaknya anda harus bersinggah walaupun sebentar sejenak di Waduk Darma. Kawasan waduk ini berkisar 425 hektar. Anda tidak akan menyesal sesampainya di sini karena akan menikmati indahnya pemandangan yang ditawarkan dari Waduk Darma ini. Selain itu, disuguhkan udara yang sejuk dengan dikelilingi bukit dan lembah. Di tempat ini anda bisa mendirikan tenda untuk berkemah atau cukup bersantai rinag di pinggiran waduk.

Mungkin hanya itu saja yang bisa dipaparkan dari kabupaten Kuningan. Beberapa tempat wisata tersebut tentunya tak kalah menarik dengan kota-kota pariwisata lainnya yang berada di Jawa Barat lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.