Objek Wisata Bendungan Wonorejo Tulungagung, Wisata Keluarga yang Wajib Dikunjungi

 

 

Bendungan wonorejo ini terdapat di kota Tulungagung, bendungan ini memiliki kapasitas tampung air bruto sebesar 122 juta meterkubik sedangkan netto 106 juta meter kubik. Bendungan ini berfungsi sebagai pembangkit tnaga listrik dan menyalurkan air bersih ke masyarakat Jawa Timur. Adapun kapasitas turbin mencapai 6,5 mW dan pembangkit listrik ini sebesar 7 mVA. Bendungan wonorejo ini adalah objek wisata keluarga yang wajib dikunjung. Ya, memang wisata ini tidak seindah dengan wisata lainnya, namun wisata ini menyimpan nuansa alam keindahan panorama laut yang tersembunyi. Lantas, apa keistimewaan yang terdapat di bendungan wonorejo ini?

Keistimewa Wisata Bedungan Wonorejo

Jika sore hari tiba maka Anda akan menyaksikan indahnya matahari yang ada disebelah barat. Apabila Anda ingin menuju ke lokasi pengendalian bendungan yang jaraknya sekitar 1 kilometer dari daratan, Anda harus menyeberangi jembatan didekat disitu. Untuk melintasi jembatan tersebut Anda bisa menggunakan sepeda atau jalan kaki. Disepanjang perjalanan Anda menuju tempat pengendalian, Anda akan disuguhi dengan pemandangan pohon pinus yang rindang. Selain itu juga suara serangga yang saling bersahutan seolah-olah menyambut kedatangan Anda.

Sesampainya disana Anda akan melihat sebuah bukit yang berdiri kokoh. Pada saat menuju ke area pengendalian bendungan dari area parkiran sebaiknya jalan kaki saja. Sebab anginnya disepanjang jembatan menuju ke pengendalian bendungan ini cukup kencang. Setelah sampai Anda bisa menyaksikan proses pengendalian bendungan. Selain itu juga terdapat kolam renang, sebuah taman bermain dan penginapan.

Akses Menuju Wisata Bendungan Wonorejo

Untuk menuju ke wisata bendungan wonorejo Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik itu motor atau pun mobil. Jika perjalanan Anda diawali dari kota Blitar, maka Anda harus gunakan jalur ke arah Ngantru, kemudian Ngujang, sampai di Perempatan rumah sakit lama Tulungagung, lalu belok ke barat, dan akhirnya sampailah Anda di Bendungan Wonorejo. Sedangkan jika perjalanan Anda dimulai dari arah Kediri lebih dekat lewat jalur selatan. Maka jalur yang harus Anda tempuh adalah Kalangbret, kemudian Mojosari, pemandian Srabah.

Mungkin anda tertarik untuk berkunjung menuju objek wisata bendungan wonorejo ini? Semoga informasi yang kami berikan mengenai objek wisata bendungan wonorejo bermanfaat bagi Anda semua.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *