Menikmati keindahan Gunung Merapi dari Ketep Pass

Ketep Pass adalah satu tempat yang berlokasi di Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah yang berfungsi sebagai pos pengamatan aktifitas Gunung Merapi. Dari tempat tersebut Gunung Merapi beserta aktifitasnya bisa terlihat dengan jelas. Pada letusan Gunung Merapi terakhir yang terjadi pada tanggal 10 Maret 2014, Menara Pandang Ketep Pass menyumbangkan data-data pengamatan yang sangat berguna sekali bagi penelitian aktifitas Gunung Merapi yang diselenggarakan oleh Badan Meteorologi dan Geofisika Indonesia.

ketep pass
Ketep Pass

Sebenarnya, seperti apakah kondisi Ketep Pass itu? Terakhir diketahui kondisi Ketep Pass oleh Qi Bug, penulis artikel ini, tempat tersebut selain memiliki Menara Pandang yang berfungsi untuk mengamati aktifitas Gunung Merapi juga memiliki fungsi lain yang tak kalah menariknya bagi masyarakat sekitar termasuk bagi Qi Bug sendiri. Fungsi apakah yang dimaksud? Yaitu fungsi sebagai satu tempat wisata yang sangat menarik. Dari tempat ini bisa didapatkan pemandangan yang jelas dan menawan hati dari Gunung Merapi yang perkasa. Setiap hari banyak wisatawan dari berbagai kalangan yang datang berkunjung, baik hanya sekedar menikmati keindahan Gunung Merapi maupun untuk menonton film dokumenter tentang ledakan Gunung Merapi yang sengaja di putar di bioskop yang terletak di dalam area Ketep Pass. Pemutaran film dokumenter ini tidak dilakukan setiap saat melainkan mengikuti jadwal-jadwal tertentu yang sudah disetting oleh manajemen Ketep Pass. Untuk menontonnya, wisatawan diharuskan merogoh uang sakunya karena memang ini tidak diputar secara gratis dan belum termasuk dalam biaya pembelian tiket masuk ke dalam area Ketep Pass.

Hawa yang sejuk di Ketep Pass tidak kalah dinginnya dari hawa sejuk di daerah pegunungan lainnya, bahkan bagi Qi Bug sendiri dinginnya sangat menyayat kulit karena waktu itu Qi Bug berkunjung pada sore hari tepat ada gerimis namun belum cukup untuk membuat seseorang terserang flu jika tidak berteduh.

Hal yang sangat mengesankan dari tempat wisata ini salah satunya adalah kebersihannya. Tidak nampak berceceran sampah-sampah di lokasi melainkan ada yang membuangnya ke tempat sampah, yakni oleh petugas kebersihan yang ada di sana.

Pulang dari Ketep Pass pun bisa membeli oleh-oleh khas daerah ini yaitu jagung bakar yang banyak dijajakan oleh pedagang di depan gerbang lokasi wisata ini dengan harga yang murah. Well, bagi yang penasaran silahkan berkunjung ke lokasi wisata ini yang beralamatkan di Jl. Ketep, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah 56481, Indonesia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.