Destinasi Tempat Wisata Di Klaten Yang Sayang Dilewatkan

Seperti yang kita ketahui bahwa Klaten terletak di antara dua pusat kebudayaan yakni Kesultanan Yogyakarta dan Kerajaan Surakarta. Maka tak heran jika Klaten memiliki kebudayaan yang kental lantaran terpengaruh dari dua budaya tersebut. Beberapa kebudayaan yang bisa dijadikan Indonesia punya cerita adalah nyadran, kupatan, dan aperan.

Memang Klaten termasuk kota kecil yang diapit oleh dua kota besar sekaligus. Meskipun demikian perkembangan Klaten dari segi industri mampu menghasilkan kerajinan berupa ukiran dan batik yang telah mendunia. Tentu saja potensi ini dapat menjulang tinggi untuk menuju industri kepariwisataan. Terbukti dari Klaten banyak dijumpai tempat tujuan wisata yang sayang dilewatkan seperti berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Di Klaten Jawa Tengah

  1. Umbul Ponggok
Umbul Ponggok
Umbul Ponggok

Destinasi tempat wisata pertama yang wajib anda kunjungi ialah Umbul Ponggok. Dimana lokasi wisata ini menyuguhkan sebuah mara air yang terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polan Harjo. Tempatnya memang berbentuk kolam renang, namun pemandangan dasarnya dijumpai berbagai jenis ikan warna dan bebatuan seperti batu karang yang menyerupai lautan luas. Di situlah anda bisa melakukan spot snorkeling layaknya di lautan. Maka dari itu, seringkali dijadikan sebagai lokasi pemotretan pre-wedding di kalangan muda.

  1. Candi Prambanan
Candi Prambanan
Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak di perbatasan Kabupaten Klaten dan Provinsi Yogyakarta. Objek wisata candi ini merupakan lambang agama Hindu yang biasanya dijadikan sebagai tempat wisata religi. Keindahan dan keunikan dari relief candi tersebut yang membuatnya dikenal oleh turis asing dan terbilang sangat mendunia. Apalagi jika musim liburan tiba, kawasan Candi Prambanan ramai akan pengunjung dari manapun.

  1. Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo
Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo
Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo

Kolam Renang yang satu ini berada di Jalan Manisrenggo, tepatnya 1 km dari Tlogo Prambanan. Adapun fasilitas yang disediakan cukup lengkap yakni hotel dan rumah makan dengan harga tarif yang sangat terjangkau. Di samping itu, Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo memiliki wahana permainan, misalnya waterboom  maupun kolam renang. Tentunya objek wisata ini terbilang cocok untuk liburan bersama keluarga.

  1. Warung Apung Rowo Jombor /Jimbung
Warung Apung Rowo Jombor /Jimbung
Warung Apung Rowo Jombor /Jimbung

Salah satu objek wisata yang menyajikan warung-warung apung ini berada di Desa Jombor. Di Warung Apung Rowo Jombor inilah anda bisa menikmati berbagai kuliner berbahan dasar ikan air tawar yang dimasak dengan cita rasa khas Klaten. Beberapa menu makanan yang bisa anda pesan seperti gurameh, mujaer, ikan lele, dan nila. Anda juga akan dimanjakan dengan hiburan orkes dangdut namun di hari tertentu saja.

  1. Museum Gula
Museum Gula
Museum Gula

Berikutnya yang harus anda sambangi yaitu objek wisata Museum Gula yang letaknnya berada di Jalan Raya Yogya – Solo, kira-kira 25 km dari kota Klaten. Di tempat ini tentunya banyak dijumpai barang bersejarah yang berkaitan erat dengan industri gula pada masa perkembangannya. Salah satu benda kuno yang cukup menarik perhatian ialah mesin giling yang sudah tak terpakai lagi, kemudian ada juga lokomotif pengangkut tebu beserta berbagai jenis tebunya.

Apabila anda berniat untuk melakukan perjalanan wisata bersama keluarga, maka kota Klaten bisa menjadi tempat pilihan tepat untuk menghabiskan waktu liburan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.