Daftar Tempat Wisata Populer Di Banyumas

Apa yang terlintas di pikiran anda saat mendengar daerah Banyumas? Memang Banyumas terkenal dengan dialek ngapak atau  bahasa jawa kuno, sehingga ketika masyarakat asli Banyumas berbicara nadanya terdengar begitu lucu dan aneh. Namun, itu semua hanyalah perbedaan bahasa dan wiayahnya saja. Banyumas juga memiliki keunikan tersendiri dari sisi yang berbeda.

Apabila Banyumas dilihat dari sisi pariwisatanya maka tidak terlalu menonjol. Tetapi saat anda meliriknya dari segi kuliner Banyumas tentunya banyak ragam khas yakni keripik tempe, mendoan tempe, hingga getuk sokaraja. Keperbedaan inilah yang mampu membentuk keistimewaan dari Banyumas, dimana dijumpai tempat-tempat wisata populer yang tak boleh anda lewatkan, seperti yang  ada di bawah ini.

Tempat Wisata Populer Di Banyumas

  1. Telaga Sunyi
Telaga Sunyi
Telaga Sunyi

Objek wisata Telaga Sunyi yang menawarkan panorama alam dengan ketenangan karena ditumbuhi rimbunan pepohonan. Suasana yang tenang hanya ada suara gemercik air membuat hati dan jiwa merasa tentram. Seperti namanya Telaga Sunyi maka nuansa kesunyian akan tercipta saat anda bertandang ke sini. Maka jangan heran banyak kalangan muda Purwokerto yang menyambangi Telaga Sunyi.

  1. Baturraden
Baturraden
Baturraden

Baturraden merupakan wanawisata yang mampu menghadirkan kepuasan bagi para wisatawan. Keberadaanya yang terletak di kaki Gunung Slamet menjadikan nuansa udara terpancar sejuk dan bebas dari polusi. Jika dari arah Purwokerto anda hanya menempuh jarak sekitar 14 km. Saat tiba di lokasi anda bisa melakukan beberapa kegiatan, seperti mencoba wahana waterboom, melihat koleksi flora langka serta bersantai di Taman Kaloka Widta Mandala.

  1. Curug Gede
Curug Gede
Curug Gede

Saat anda melakukan perjalanan menuju Curug Gede memang terbilang cukup ekstrem. Akan tetapi, anda akan dibayar sesampainya di lokasi curug tersebut. Anda pun tak usah kaget seketika melihat pemandangan air terjun yang sangat mempesona. Untuk lokasinya sendiri berada di Kecamatan Ketenger, tepatnya di perbatasan Gunung Slamet dan dilalui oleh aliran sungai Serayu. Terdapat pula fasilitas publik yang dirasa lengkap, karena telah dibangun resort dan cottage bagi para wisatawan.

  1. Curug Cipendok
Curug Cipendok
Curug Cipendok

Setidaknya anda berpetualang ke Curug Cipendok yang merupakan curug tertinggi, sehingga akan membuat anda diguyur air sepanjang hari. Derasnya air terjun dengan ketinggian 92 meter menjadikan terpaan air yang mampu merekat secara langsung. Keberadanya di Kecamatan Cilongok. Anda bisa bermain air sekaligus mandi di bawah guyuran air terjun indah ini. Adapun fasilitas yang bisa anda jumpai misalnya outbond, jogging track, dan cottage.

  1. Pancuran Pitu
Pancuran Pitu
Pancuran Pitu

Pancuran Pitu adalah objek wisata berupa tempat pemandian air panas yang di dalamnya terdapat belerang alami. Di sekitarnya juga terdapat Pancuran telu yang hanya berjarak 3 km dari kawasan Baturraden. Anda bisa mandi menggunakan air panas di pancuran ini, dimana sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mencoba juga merasakan pijatan dan spa tradisional berbahan belerang dari warga setempat yang hanya dipatok seharga 25 Ribu Rupiah.

  1. Museum Bank Rakyat Indonesia
Museum Bank Rakyat Indonesia
Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum BRI menyajikan berbagai koleksi uang rupiah sejak jaman dahulu sekaligus  sejarah perkembangan perbankan Indonesia. Alasan anda harus mengunjungi museum yang satu ini adalah agar dapat mengetahui seberapa besar sejarah perbankan bangsa Indonesia. Museum BRI ini merupakan salah satu bank tertua di tanah air, yang didirikan pada rahun 1895 oleh RA. Wirjatmadja.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *