Review Hosting Indonesia Terbaik Update 2018

Sebagai kelanjutan tulisan saya sebelumnya di web hosting Indonesia, saya ingin mengulas lebih lanjut beberapa provider hosting secara lebih detail lagi semoga bermanfaat. Ada beberapa review hosting Indonesia provider yang akan saya coba jelaskan:

1. Easysmart

Pertama kali saya mencoba membeli hosting ya lewat hosting provider yang satu ini. Tepatnya sekitar tahun 2010 saya mencoba bertanya tentang paket hosting yang ditampilkan yaitu 40 ribu per bulannya. Alih-alih metode pembayaran per bulan seperti yang ditampilkan, kita harus melakukan pembayaran untuk satu tahun sekaligus. Karena sudah kepalang tanggung, akhirnya saya memilih provider hosting dari Easysmart dengan paket Gold, bisa dapat kapasitas 2 giga dengan server lokal.

Kenapa server lokal? Coba dibaca kembali tulisan saya sebelumnya: Bagaimana memilih layanan hosting yang tepat.

Namun, layanan yang diberikan benar-benar memuaskan ditambah jasa SEO yang optimal walaupun konten minimal karena berhasil menduduki ranking pertama SERP untuk brand url website tersebut.

2. Webhostmu

Saya belum pernah memasang situs disini namun hosting provider satu ini saya masukkan ke dalam list ini karena pemilik hosting provider yang ramah terkait kerja sama bisnis dalam bidang lainnya. Coba di cek situsnya dulu semoga tidak kalah dengan pesaing-pesaingnya di dalam list ini.

3. Niagahoster

Dengan strategi marketing yang agresif dimana email saya terus dihujani diskon akhir minggu, yang memang beberapa kali membuat saya hampir membeli hosting disini. Ditambah bandwidth dan kapasitas harddisk unlimited memang sekilas hosting provider ini unggul jauh diatas hosting provider lainnya.

Namun anda harus waspada, jika Anda memiliki situs dengan trafik yang sangat tinggi, akan terjadi kendala saat peak traffic bahkan yang katanya unlimited, bisa saja menegur anda untuk mengurangi kapasitas harddisk atau meminta biaya tambahan jika lalu lintas pengunjung website Anda sangat tinggi terutama jika mayoritas berisi video atau file unduhan lainnya.

4. Rumahweb

Rumahweb merupakan hosting pertama dari situs Aceh Foundation sejak 2016 lalu dan saya memutuskan untuk membeli hosting disini karena ada promo domain gratis. Namun harga terbilang paling mahal dimana untuk 2 Gb kapasitas harddisk anda harus membayar hampir senilai 1,2 juta rupiah untuk satu tahun.

Untuk kinerja sendiri saya bisa ancungi jempol buat mereka karena meski segalanya terlihat simpel namun dengan berhosting disini website anda dijamin cepat dalam loading page nya.

Dengan adanya banyak promo yang harus Anda cek disini membuat kami tergiur untuk pindah segera ke hosting provider yang satu ini setelah domain dan hosting kami expired di dewaweb. Kenapa kami memutuskan untuk pindah? Baca kelanjutannya di bawah.

5. Dewaweb

Sekarang website Aceh Foundation berhosting di Dewaweb, kendala sampai saat ini website kalah cepat dibandingkan kompetitor lainnya yang pernah saya coba. Lebih banyak error koneksi, karena tidak bisa diakses. Walaupun kekuatan utama dari hosting provider ini dibandingkan dengan hosting provider lainnya ada di data yang di upload ke server clould dimana berarti data-data kita tidak disimpan di satu server saja, melainkan saling berbagi dengan server-server website lainnya. Dengan maksud jika 10% server website ada yang down, maka 90% server sisa masih dapat menanggung kinerjanya sehingga website tersebut masih akan tetap mengudara.

Semenjak bulan Desember, server Jakarta memiliki kendala selama 2 bulan sehingga karena sudah terlalu lama, kami memutuskan untuk memindahkan server ke Singapura dan layanan memiliki peningkatan peforma. Sangat disayangkan, pemberitahuan yang minim dan tidak adanya back up plan untuk mengindahi kontrak antara konsumen dan pihak pemberi layanan, membuat kami harus berpindah hosting saat hosting kami disini dinyatakan expired pada akhir 2018.

Demikian pembahasan beberapa hosting provider dari penulis semoga dapat membantu rekan semua dalam memilih hosting yang paling cocok bagi rekan semua. Terutama lihatlah yang memberikan value terhadap biaya yang kita keluarkan. Bukan yang paling mahal, dan bukan pula yang paling murah.

7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *