Review Honda All New CBR150R

Selamat datang pembaca setia Aceh Foundation. Saya ingin berbagi pengalaman berkendara menggunakan sepeda motor All New CBR 150R selama 1 tahun lebih. Tepatnya sepeda motor ini saya beli pada Mei 2016 dengan mahar sebesar 37,5 juta rupiah. Harga ini harga on the road buat motor ini di Banda Aceh. Beda harga dari pasaran jawa sebesar 34 juta, jadi selisihnya sekitar 3,5 juta.

Sebelumnya bahkan sudah saya bagi pengalaman perjalanan saya menggunakan motor ini di Pengalaman bolak-balik Banda Aceh Medan naik sepeda motor.

Spesifikasi motor All New Honda CBR 150R Facelift

Berikut adalah fitur dari Honda CBR 150R dikutip dari Honda Cengkareng:

Fitur Honda All New CBR 150R
Fitur Honda All New CBR 150R

Sebelum beli tanya-tanya dulu

Sebagai pemula, ada baiknya kita tanya-tanya dulu seputar motor sport. Saya sendiri sebelum membeli motor ini, saya luangkan waktu dulu mencoba Yamaha R15 milik teman dan lumayan nyaman untuk dikendarai. Masalah kenyamanan ok.

Berikutnya adalah nilai investasi. Berapa nilai jual kembali dari motor ini? Walaupun banyak yang menyangkal untuk tidak memikirkan masalah ini, karena memang benar kalau kita beli motor atau mobil untuk dipakai bukan untuk dijual kembali.

Namun siapa tahu ada rencana lain sehingga kita harus menjual motor, makanya nilai jual jadi sangat penting. Disini Honda terkenal dengan mesinnya yang bandel, nilai jual area Aceh untuk model motor ini ada di rentang 29 juta sampai 32 juta rupiah tergantung lama pakai motor.

Terus apa lagi ya yang perlu diperhitungkan sebelum beli motor? Saya juga lupa. Silakan pembaca tanya di kolom komentar.

Pengalaman beli pertama kali

Gaji sudah dikumpulin, Tahun 2016 kemarin akhirnya saya beli ini motor ini secara cash karena pertimbangan harga yang lebih murah dari pada kredit. Namun kalau teman-teman punya gaji tetap yang lumayan tinggi bisa coba dicicil juga gak apa-apa karena lumayan berat buat nabung 30an juta, apalagi kalau kurang motivasi sulit pastinya :D.

Saya pergi dengan keluarga buat beli ini motor di Dealer Honda Banda Aceh yang beralamat di Peunayong. Pertama kali saya ke sana, kebetulan ada saudara, jadi tanya langsung dan rupanya perlu di indent dulu selama 2 bulan karena gak ada stok, habis semua di Aceh.

Berselang 1 bulan ada panggilan dari petugas dealer Honda tersebut untuk mengambil motor di dealer tadi, langsung saya ke sana sore pukul 4. Bawa cash dalam tas, hitung dan bayar tunai ke kasir, payah hitung per lembar uang Rp. 50.000 – an. Karena dealer gak terima pembayaran menggunakan perantara bank, termasuk kartu debit dan kredit.

Setelah bayar, tunggu kira-kira 1 jam untuk di cek dulu motornya dan dipersiapkan untuk kita pakai bawa pulang. Jadi sekitar jam 5.30 sore saya berangkat pulang ke rumah.

Pengalaman pertama kali mengendarai motor ini ya gak nyaman karena masih kaku tapi malah sekarang, motor bebek malah gak enak dikendarai rasanya kalau dibandingkan dengan motor sport baik itu perjalanan jauh maupun dekat. Mungkin perasaan aja ya :).

Servis dan dorsmeer Honda CBR150R

Saya selalu melakukan servis dan ganti oli motor setiap 2 bulan sekali. Jadi kira-kira habis duit 200 ribu, dimana ganti oli sekitar 80 ribu dan servis total sekitar 120 ribu rupiah. Mungkin terlalu dekat jarak servisnya, tapi gak apa-apa karena saya juga pakai setiap hari setiap keluar rumah dan kadang-kadang juga dipakai buat perjalanan jauh.

Pas pergi ke Medan misalnya, dari Banda Aceh saya servis total dan ganti oli dulu. Setelah satu bulan di sana, pas balik ke Banda Aceh saya servis total lagi dan ganti oli. Jadi tergantung keperluan rekan-rekan.

Baru-baru ini, pada Desember 2017 lalu saya servis di bengkel resmi, yang selama ini gak perlu meng-antri untuk motor CBR 150R, namun sekarang motor ini bukan lagi dianggap premium jadi sudah mulai harus antri untuk servis :(.

Kalau doorsmeer sendiri langganan saya ada di daerah Lamgugop karena selain alat-alat mereka lengkap, jaraknya juga dekat dengan rumah saya.

Doorsmeer Honda CBR150R di Banda Aceh
Doorsmeer Honda CBR150R di Banda Aceh

Pengalaman berkendara sehari-hari dan jarak jauh

Selama pemakaian dari Mei 2016 sampai sekarang Februari 2018, jadi hampir 2 tahun, meteran baru saja lewat 10.000 km. Jadi bisa dibilang walaupun saya tiap hari menghidupkan dan menjalankan ini motor, tapi gak jauh-jauh amat perjalanannya. Paling dari rumah ke kantor balik rumah lagi atau rumah ke kafe, dan lain-lain.

Perjalanan jarak jauhnya di akhir pekan, seringnya ke pantai atau tempat wisata sekitaran Banda Aceh dan Aceh Besar, dan paling jauh ya sampai ke Medan, dimana jaraknya lebih dari 600 km.

Pengalaman jatuh dari motor

Saya sendiri pada awal januari 2017 pernah jatuh dari motor yang mengakibatkan rusaknya body fairing luar dalam. Sehingga harus di indent lagi pemesanan dari Jawa untuk diantar ke Aceh.

Saya indent pada Januari dan sudah bayar setengah harga bodi ke bengkel resmi Honda, tepatnya di dealer Honda saya beli ini motor. 2 bulan kemudian, pada bulan Maret saya kembali untuk tanya apa pesanan spare part saya sudah sampai ke Banda Aceh, tapi rupanya spare part saya belum dipesan. Katanya lupa. Waduh.

Saya hubungi saudara saya dan beliau yang akhirnya mengurus semuanya, kemudian 2 bulan berikutnya, berarti pada Mei, akhirnya motor kembali seperti baru.

Fairing Honda CBR150R rusak
Barang bukti fairing Honda CBR150R yang rusak dan boleh dibawa pulang

Pengalaman bayar pajak tahunan

Bayar pajak di Samsat Banda Aceh yang beralamatkan di Batoh, dokumen-dokumen yang perlu disiapkan adalah:

  • STNK Asli dan Fotokopi STNK
  • Fotokopi BPKB
  • KTP asli + Fotokopi KTP dimana sesuai nama yang tercantum di STNK dan BPKB

Pengurusan ini gak lama, walaupun antriannya ada banyak, terlihat dari tempat duduk yang penuh, namun cukup tunggu 1 jam semua urusan sudah selesai.

Langkahnya adalah masukkan formulir yang kita persiapkan tadi, dikasi tiket nomor antrian, kemudian tunggu palingan 45 menit aja. Setelah itu kalian akan dipanggil dan disuruh bayar. Tahun lalu saya bayar 480 ribu rupiah ditambah denda telat sekitar 1 bulan. Terus duduk lagi buat nunggu karena STNK baru sedang dicetak. Setelah dipanggil dan mengambil STNK, proses bayar pajak selesai.

Kesimpulan

Review All New Honda CBR150R
Review All New Honda CBR150R

All New CBR150R Facelift ini sampai saat ini tidak ada kendala peforma sama sekali dan sangat nyaman untuk dikendarai. Namun untuk perjalanan jauh, agak kurang nyaman di seat, terutama kalau kita pakai celana jeans. Untuk dikendarai sehari-hari sangat baik karena tarikan awal yang kuat ditambah hemat di bahan bakar.

Tapi ada satu kendala di servis kedua dan ketiga saya karena saya mengeluhkan suara motor yang agak bising, kata orang bengkel Honda-nya sih karena mesin belum panas, dan ini terbukti benar sampai sekarang. Overall Honda All New CBR150R Facelift ini memuaskan dan nilainya bertahan kuat dibandingkan motor-motor di pasaran lainnya.

Tonton video review singkat disini

Terima kasih. Selamat berkendara dan selalu gunakan gear lengkap dalam berkendara.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *