Review Coursera Indonesia: Salah Satu Platform Belajar Online Terbaik

Apakah rekan-rekan sudah pernah menggunakan platform e-learning sebelumnya? Silakan dibaca sampai tuntas untuk tahu seluk beluknya termasuk share dari saya yang sudah setahun menjadi Mentor resmi Coursera Indonesia.

Pendahuluan

Sistem pembelajaran online yang dapat Anda pilih pastinya harus disesuaikan dengan program belajar yang cocok untuk Anda sendiri. Dan ini dapat kita pisah ke dalam beberapa faktor: Apa saja yang pembelajar harus tahu dan mampu dilakukan dalam pembelajaran tersebut, pertimbangan teknis seperti infrastruktur dan tidak ketinggalan skill ketrampilan maupun skill mengajar yang dimiliki oleh instruktur online tersebut.

Disini saya akan berbagi pengalaman saya belajar di beberapa kursus online mulai dari platform Coursera, Idx, Edx, Udemy, Lynda dan beberapa lagi yang lainnya.

Apa itu Online Learning Platform

Secara singkat, Platform pembelajaran online akan menyediakan materi terkait keterampilan-keterampilan yang Anda butuhkan untuk Anda kuasai demi mengatasi kebutuhan akan keterbatasan di Pendidikan formal.

Pada awalnya, platform Pendidikan online, muncul dari minat yang tinggi dari teknisi software untuk memperdalam ilmunya baik itu melalui diversifikasi maupun memperdalam ilmu yang sudah ada. Makanya banyak pondasi-pondasi kursus dari banyak platform penyedia pelatihan online yang menyediakan kursus berupa pelatihan membuat web dengan php, Bahasa pemograman secara umum, internet, desain situs dan lain-lain.

Terlebih kursus ini dapat diaplikasikan langsung secara online serta infrastruktur yang dibutuhkan juga seragam. Beda halnya dengan kursus-kursus baru yang banyak disediakan sekarang seperti Digital Marketing, Project Management, Bahasa-bahasa asing, Desain, bahkan sampai ke bidang Konstruksi.

Mengapa orang menggunakan Online Learning Platform

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, sistem ini menjadi langkah praktis bagi setiap orang untuk dapat meningkatkan kredibilitasnya secara online apalagi, ini khusus bagi mereka yang memang bekerja secara online seperti Digital Marketer, Translator, Designer, Advertiser, sampai Entrepreneur.

Bahkan di dunia nyata pun, Pendidikan online menjadi penting, dibuktikan dengan mulai banyak Universitas baik di dalam maupun luar negeri yang berlomba-lomba untuk menyajikan akses Online Learning baik di situsnya sendiri maupun bekerja sama dengan pihak ketiga seperti Coursera. Beberapa contohnya dapat Anda lihat disini: Online Master’s in Innovation and Entrepreneurship oleh HEC Paris.

Program Online Master di Coursera Indonesia
Contoh lainnya Coming Soon dari Imperial College London

Di Indonesia sendiri, saya memiliki kenalan yang mengambil mata kuliah secara online di Telkom University, dan dia menjalankan kuliah tersebut di Banda Aceh sedangkan kampusnya secara fisik berada di Bandung. Kuliahnya dilakukan secara Live, terdiri dari beberapa sesi, selayaknya kuliah di kelas belajar.

Apa saja platform belajar yang dapat Anda pergunakan secara gratis

Saya sudah menggunakan Coursera selama dua tahun dengan menjalankan beberapa kursus pendek berdurasi antara satu sampai dua bulan untuk masing-masing kursus. Walaupun ada kuliah yang berdurasi lebih panjang sampai dua tahun untuk gelar Master Online. Ataupun gelar Professional untuk durasi kuliah sekitar enam sampai dua belas bulan.

Untuk kursus pendek, pastinya dapat Anda audit secara gratis tanpa batasan. Dimana berarti semua materi dapat Anda akses secara gratis. Namun Anda tidak mendapatkan sertifikat yang dapat Anda pergunakan dan tampilkan di profil LinkedIn Anda.

Namun untuk program lainnya di Coursera, Anda diharuskan untuk membayar terlebih dahulu, dan menurut saya cukup murah dibandingkan dengan platform-platform yang lain.

Indonesiax dan Edx (Indonesiax adalah versi Indonesianya dari Edx) juga menyajikan sebagian besar konten yang dapat Anda pergunakan secara cuma-cuma.

Sedangkan platform Udemy dan Lynda lebih berupa kursus-kursus pendek dengan harga yang murah. Biasanya kursusnya memiliki konten yang jauh lebih sedikit dibandingkan beberapa platform yang saya sebutkan sebelumnya ditambah metodologi yang digunakan juga berbeda.

Kedua platform ini cocok bagi Anda yang ingin belajar dengan menonton tanpa adanya interaksi antara Anda dengan penyaji dan peserta lainnya. Karena itu, sistem forum, diskusi latihan esai, daftar pustaka juga terbatas dalam pembelajaran di kedua platform ini.

Pengalaman pribadi di Coursera Indonesia

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya sudah lebih dari dua tahun saya belajar di platform Coursera Indonesia, namun hanya beberapa kursus saja yang saya selesaikan terkait karena memang kebutuhan akan ilmunya yang memaksa saya untuk menyelesaikan kursus tersebut.

Belajar online akan sulit, terutama dalam hal motivasi. Jika Anda tidak memiliki motivasi yang konstan untuk belajar selama kurun waktu yang diberikan, jangan harap Anda mampu menyelesaikan kursus Anda.

Namun pastinya berbeda ya jika Anda kuliah online di Telkom University misalnya, Anda harus menyelesaikan kuliah Anda karena nanggung sudah bayar mahal 😊. Memang faktanya seperti itu, pelajar online yang membayar, mempunyai potensi menyelesaikan kursus yang lebih banyak dibandingkan yang kuliah gratis. Di platform manapun itu.

Kenapa saya tahu fakta ini. Lanjut baca dibawah.

Komunitas Mentor Coursera

Saya sudah menjadi Mentor di Coursera selama kurang lebih satu tahun satu bulan per Maret 2018. Kunjungi laman LinkedIn saya untuk info lebih lanjut.

Bagi teman-teman yang sudah pernah belajar di Coursera dan tertarik untuk ikut bergabung menjadi Mentor, silakan kunjungi link ini: Coursera Community.

Sertifikat Mentor di Coursera
Mau jadi Mentor di Coursera harus ikut pelatihan dulu

Kesimpulan dari saya

Tidak ada salahnya mencoba belajar di platform online yang sudah saya sebutkan beberapa diatas. Terlebih jika Anda butuh ilmu tambahan guna mendukung pekerjaan dan proyek yang sedang Anda jalankan.

Apalagi salah satu kelebihan dari platform online learning adalah Anda dapat belajar menggunakan Handphone, Tablet, Laptop Anda dimanapun Anda berada. Jadi sewaktu ada waktu senggang 30 menit, saya biasanya membuka tablet untuk menonton satu atau dua video kursus dan mengerjakan latihan yang diberikan ditambah dengan update blog saya, guna mengaplikasikan ilmu yang sudah saya pelajari dari kursus-kursus tersebut.

Semoga berguna ya terima kasih!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.