Home » Canon 1000D

Canon 1000D

By admin Posted On Jan 17, 2017

Dulu sekali pada tahun 2009 saya memutuskan untuk membeli kamera SLR Canon EOS 1000d dengan harga sekitar 4,5 juta rupiah. Kamera ini saat itu baru saja keluar, dan memang secara kasar teori perkembangan teknologi kita seharusnya lebih cenderung membeli produk baru daripada produk yang sudah lama beredar di pasaran. Mengapa? Karena ia punya teknologi yang lebih bagus dimana biasanya akan menurunkan nilai jauh bagi teknologi yang sudah lama. Teori ini ada baiknya di praktekkan saat kalian ingin membeli berbagai macam produk elektronik tidak terbatas pada kamera digital saja.

Anyway, ini penampakan kamera digital tersebut.

Advertising

SLR Canon EOS 1000d

SLR Canon EOS 1000d

Kelebihan kamera SLR dengan kamera digital pocket terletak pada kemampuan lensa yang lebih tinggi tapi pastinya bergantung pada lensa yang dimiliki. Lensa defaultnya memiliki lebar 18-55mm dimana pastinya sangat tidak berbeda jauh dengan zoom optikal kamera pocket pada umumnya. Jika kalian ingin mendapatkan sensasi SLR dari kamera ini, kalian perlu membeli lensa tambahan yang bahkan harganya bisa diatas kamera ini sendiri. Hmm..

Pendapat saya sendiri selama memakai kamera ini, keunggulannya terletak di kualitas gambar yang luar biasa, dengan hanya 10 Megapixels gambar yang dihasilkan sangat jernih juga memiliki opsi gambar RAW maupun JPEG. Kalian bisa pakai format RAW untuk di edit lebih lanjut untuk disesuaikan dengan output yang diinginkan.

Walaupun sekarang 10 Megapixels bukan lagi ukuran yang mid-highend, kamera ini menjadi opsi yang pas bagi kita yang memiliki budget mid low end. Berdasarkan hukum ekonomi, saya membuat pilihan yang baik. Hehe.

Namun kelemahannya terletak pada jumlah kerusakan yang di derita kamera ini sendiri. Sejak 2009 sudah rusak 2 kali mati total yang mengeluarkan biaya yang tidak sedikit setiap perbaikannya. Tips dari saya, rajin-rajin dibersihkan kamera setiap paling tidak 2 minggu sekali dan coba dipakai-pakai untuk foto.

Barusan saya cari di Lazada, Blibli, dan website Canon sendiri, sayangnya tidak lagi dijual resmi. Harga terakhir berkisar dari 3 sampai 4 juta rupiah.

Arsitek dan Entrepreneur

Jan 17, 2017 - Posted by admin - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *