Bagaimana memilih layanan hosting yang tepat (1)

By admin Posted On Oct 21, 2015

Jika anda berminat membuat website sendiri, saya akan jelaskan tentang bagaimana cara memilih layanan hosting yang tepat sesuai dengan keperluan anda.

Sebelumnya akan saya jelaskan bahwa ada dua hal yang penting dalam pembuatan website, yaitu :

Advertising

  • Domain

Domain adalah nama website yang anda pergunakan nantinya. Contohnya untuk website Aceh Foundation, domainnya adalah acehfoundation.org. Ada banyak ekstensi yang dapat anda pergunakan setelah nama website anda, namun untuk hasil yang optimal, lebih baik memakai ekstensi umum baik dalam maupun luar negeri seperti .com, .org, .co.id, .net, dan lain-lain.

.com .org domain name example

Flicker.com

  • Web Hosting

Data-data media dan halaman web anda akan disimpan di server web hosting yang anda bayar. Yang nantinya akan dipergunakan untuk akses kepada publik melalui server tersebut. Ada beberapa jenis server yang dapat anda pergunakan jasanya, yaitu server US, server IIX, dan server Singapore. Jika saya memberi contoh, acehfoundation.org memakai jasa server IIX, yang terdapat di Indonesia. Keunggulannya adalah ping yang rendah untuk client yang membuka website ini dari Indonesia. Sehingga kecepatan lebih tinggi dari pada server US dengan kondisi yang sama. Namun, jika anda ingin membuka website berbahasa inggris yang ditujukan untuk International client, tentu server US adalah pilihan yang lebih baik. Dan satu lagi, server Singapore mempunyai keunggulan dan kelemahan campuran antara keduanya.

Oct 21, 2015 - Posted by admin - 1 Comment

One Response to “Bagaimana memilih layanan hosting yang tepat (1)”

  1. […] Kenapa server lokal? Coba dibaca kembali tulisan saya sebelumnya : Bagaimana memilih layanan hosting yang tepat. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *