Seminar Asuransi Syariah di UIN Ar-Raniry Banda Aceh

By admin Posted On Oct 22, 2015

Seminar ini dihadiri oleh para mahasiswa, kalangan pengusaha, bankir dan dosen dari berbagai institut di Banda Aceh dan Jakarta. Seminar dilakukan tadi pagi dari jam 9 sampai menjelang zhuhur.

Pembicara terdiri dari 3 orang yaitu M. Cholil Nafis, Lc., Ph D. (pimpinan Masyarakat Ekonomi Syariah), Ketua OJK dan pimpinan Prudential.

Advertising

Perbedaan mendasar dari asuransi konvensional dan asuransi islam terdapat pada resiko yang ditanggung oleh pihak-pihak terkait. Pada asuransi islam, sistemnya adalah dengan risk sharing, Yaitu dana dikutip dari para peserta asuransi yang nantinya, dana akan dikelola oleh pihak asuransi dengan imbalan tersendiri yang nantinya, pihak asuransi tidak boleh mengambil keuntungan apapun dari dana simpanan nasabah asuransi. Dana inilah yang menjadi bantuan nantinya pada claim dari nasabah dengan kemungkinan pinjaman dari pihak asuransi jika dana tersebut tidak mencukupi.

Ada triliunan dana yang terkutip untuk asuransi syariah pada tahun 2014 dan ini menjadi landasan yang cukup baik untuk berkembangnya asuransi syariah di Indonesia.

Tentu ada catch nya untuk ini.  Apa itu? Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, nanti akan ada 2 jenis dana yang dibayarkan oleh nasabah, yaitu premi dan komisi pengelola dana. Pihak Prudential dengan tegas menyatakan kalau total harga untuk premi asuransi syariah akan lebih besar karena sebab tersebut dibandingkan dengan premi asuransi konvensional.

Semuanya tergantung anda kembali, yang mana yang akan anda pilih? Asuransi konvensional atau asuransi syariah?

Oct 22, 2015 - Posted by admin - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *