Forum

Tips Membuat Kandang Kambing Aqiqah Yang Berkualitas Dan Gemuk  

  RSS

herman105
(@herman105)
New Member
Joined:11 months  ago
Posts: 3
25/02/2018 10:06 am  

Kandang bagi hewan ternak merupakan salah satu hal yang penting. Karena kandang kambing yang nyaman akan menghasilkan kambing aqiqah yang berkualitas. Apabila kandang tersebut luas, mendapatkan sinar matahari yang cukup, sirkulasi udara, hal tersebut akan membuat kambing memiliki kesehatan yang baik.

Dengan begitu nafsu makan akan meningkat dan kambing menjadi lebih gemuk. Selain itu kambing akan terhindar dari berbagai penyakit dari bakteri pada kotoran kambing. Untuk membuat kandang kambing yang baik ada beberapa hal yang harus dilakukan. Pada artikel kali ini akan dijelaskan beberapa tips membuat kandang kambing aqiqah yang benar.

Seperti yang dijelaskan di atas, kandang yang baik harus memiliki sirkulasi udara yang baik, mendapatkan sinar matahari yang cukup dan lain sebagainya. Selain itu anda juga harus memperhatikan hal-hal lainnya seperti bahan yang digunakan untuk membuat kandang, ukuran kandang dan lain sebagainya, berikut adalah tips membuat kandang kambing aqiqah yang benar yang bisa anda terapkan pada peternakan kambing anda.

Baca artikel kami lainnya di Manajemen Usaha Aqiqah, Bau Prengus Pada Daging Kambing, dan Cara Mencari Supplier Kambing.

Model kandang kambing aqiqah

Model kandang yang baik adalah dengan menggunakan model panggung. Dengan model panggung, kebersihan kambing aqiqah di dalamnya akan terjaga dengan baik. Selain itu penyakit juga bisa dikendalikan dengan baik karena kotoran dan urin kambing tidak akan menumpuk pada lantai kandang.

Selain itu ketinggian kandang akan memberikan hawa hangat bagi kambing berbeda dengan kandang yang langsung di atas tanah yang sering menimbulkan penyakit biasanya ditandai dengan bulu kambing yang mulai rontok, tidak nafsu makan dan akhirnya terserang penyakit.

Bahan/material kandang

Anda bisa menggunakan material yang murah agar tidak membebani usaha ternak kambing anda. Anda bisa menggunakan bambu sebagai tiang utama lalu kayu untuk menyangga lantai kandang panggung, lalu kayu penghubung antar tiang dan yang menjadi tumpuan atap.

Untuk atap bisa menggunakan yang berbahan plastik, dan anda bisa menyemen lantai dasarnya. Dengan material bambu lantai kandang dibuat agak sedikit renggang sehingga kotoran kambing bisa jatuh melalui celah-celah lantai tersebut sehingga mudah dibersihkan dan tentunya lebih hemat dari segi biaya.

Ukuran kandang

Ukuran kandang tergantung dari jumlah kambing yang anda miliki. Misalnya untuk 5 ekor kambing anda bisa menggunakan ukuran dengan minimal lebar 120 cm dan panjang 150 cm. Jika anda memiliki kambing yang lebih banyak besaran kandangpun sebaiknya menyesuaikan semakin besar.

Seperti itulah 3 tips membuat kandang kambing aqiqah yang benar, apabila anda masih bingung bagaimana cara membangun kandang kambing, anda bisa bertanya kepada komunitas peternak kambing yang ada di kota anda atau membeli buku ternak kambing.

Demikian tips ini ditulis oleh salah satu penyedia layanan paket aqiqah bandung Balqis untuk anda semoga saling memberikan manfaat untuk kemajuan bersama. aamiin.


ReplyQuote
Share:
  
Working

Please Login or Register