Forum

Seberapa Efektif Promosi Menggunakan Sablon Kaos  

  RSS

Azlan Shah
(@admin)
Eminent Member Admin
Joined: 3 years  ago
Posts: 36
10/08/2018 7:53 pm  

Ada banyak metode promosi konvensional seperti melalui media pertelevisian ataupun baliho yang harganya bisa ratusan juta sampai milyaran per bulannya. Biaya yang sangat besar ini memang efektif, namun bisa jadi tidak efisien. Alternatifnya apa saja?

Sebagai contoh, biaya per bulan yang dikeluarkan partai PPP untuk pemasangan billboard Muhaimin Iskandar sendiri mencapai ratusan juta rupiah, itu didapat setelah buka-bukaan di program Mata Najwa. Seakan tidak setuju dengan biaya yang tinggi ini, pengamat berkomentar lebih lanjut yang menjelaskan tentang penurunan elektabilitas Cak Imin semenjak billboard terpasang.

Karena itulah kreatifitas marketing menjadi penting, dimana berperan untuk menekan pengeluaran suatu bisnis, tanpa membuat kantong tipis. Memang marketing memiliki pengaruh langsung terhadap penjualan, jika dibandingkan dengan biaya produksi lainnya, namun solusi sebuah marketing kreatif, saat ini dilirik bahkan oleh banyak perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Sablon kaos sebagai media promosi

Penggunaan sablon kaos sebagai media marketing sudah bukan menjadi hal baru lagi, banyak perusahaan yang sudah menerapkan cara ini untuk menawarkan jasa dan produk mereka. Bahkan sebenarnya, tren ini sudah muncul sejak 10 tahun yang lalu saat Pepsi pertama kali menemukan, seberapa efektif cara marketing seperti ini. Kaos dengan logo Pepsi bahkan ditawarkan menjadi hadiah setelah pembeli membeli produk mereka, atau dapat menjadi gift langsung dalam sebuah acara undian kecil-kecilan.

Ada banyak kelebihan dari kaos sablonan dan salah satunya adalah, gambar di kaos tersebut dapat dilihat oleh banyak orang, dimana menjadi media promosi abadi selama kaos terus dipakai. Terutama jika si pengguna kaos banyak bepergian ke mana-mana sehingga akan dilihat banyak orang.

Biayanya pun sangat murah, hanya seharga kaos plus harga sablon -- coba lihat contoh harga sablon kaos satuan disini - untuk sebuah promosi yang dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Perusahaan yang menggunakan media promosi baju seperti ini sebetulnya sangat pintar. Mereka tahu bahwa orang suka dengan segala hal yang gratis, dan apapun pesan yang kita pasang di kaos tersebut dapat dijadikan sebuah media promosi yang efektif.

Kelebihan lainnya terletak pada media waktu yang tidak terbatas. Artinya, si pemilik kaos dapat menggunakan kaos sablonan untuk sekian tahun mendatang dan tetap membantu promosi bisnis yang kita jalankan. Terlebih, karena ada banyak kaos sablon satuan yang sangat murah harganya, kaos-kaos ini cepat menjadi viral.

Tagar Ganti Presiden 2019

Penggagas tagar #2019GantiPresiden, Mardani Ali Sera yang merupakan politisi PKS dimana juga sering mempromosikannya di acara Indonesia Lawyers Club, sangat pintar dalam menggunakan promosi marketing murah, yang dapat menjadi viral seperti saat ini. Hal ini tidak luput dari ide dan gerakan masyarakat sendiri yang kontra dengan Presiden dan bersatu mendukung calon lawan petarung Jokowi.

[caption id="attachment_3845" align="aligncenter" width="700"] Tiga vs dua, dalam sebuah acara ILC. Sumber: Tribunnews[/caption]

Namun kita juga tidak boleh menganggap enteng efek dari promosi aksesoris Ganti Presiden seperti penggunaan gelang dan sablon kaos. Penggunaan aksesoris ini cepat menjadi viral karena kehebohan politik disertai semangat "tampil beda" yang memang banyak dimiliki oleh anak muda Indonesia.

Pilih bahan kaos yang nyaman

Agar kaosmu digunakan berulang kali, penting buat kamu untuk mengerti bahan kaos yang nyaman digunakan dan tahan lama. Hal ini berguna agar investasi promosi yang kamu terapkan dalam sebuah sablon kaos tidak menjadi investasi untuk sekali pakai, namun diharapkan kaos tersebut dapat dipergunakan berulang kali oleh konsumen.

Baca: Cotton Combed vs Cotton Carded.

Gunakan karyawanmu

Kamu juga dapat memberikan kaos promosi kepada karyawan perusahaan, tidak hanya kepada pelanggan. Dan karyawan juga dapat menggunakan kaos tersebut dalam setiap acara perusahaan. Contohnya jika sebuah perusahaan ikut car free day, karyawan mereka dapat membantu menyebarkan kaos sablon untuk peserta yang lain.

Terlebih, ada banyak karyawan yang saya kenal mengatakan bahwa setiap mereka mengenakan kaos sablonan perusahaan, mereka merasa bahwa mereka benar-benar menjadi bagian tim perusahaan, terutama di event-event yang mewakilkan nama perusahaan, seperti lomba marathon sampai 17 Agustusan.

Kaos sablon dapat menjadi alternatif promosi bisnis mu dengan harga yang murah dibandingkan media televisi, internet, sampai baliho. Jika dilihat dari efek tagar Ganti Presiden 2019, sungguh akan menjadi sebuah media promosi yang tidak ternilai harganya jika bisnismu dapat viral seperti itu.


ReplyQuote
Share:
  
Working

Please Login or Register