Forum

Penggila Durian Belum Lengkap Kalau Belum Ke Kampung Ini  

  RSS

Chintya
(@chintya)
New Member
Joined:10 months  ago
Posts: 2
04/05/2018 9:24 pm  

Siapa yang tidak tahu durian? Buah ini sangat populer karena memiliki aroma dan rasa khas. Begitu terkenal, durian yang sering dijuluki raja buah-buahan. Berbicara tentang durian, Indonesia menjadi salah satu produsen terbesar di Asia Tenggara. Jenis durian yang juga sangat beragam, sesuai dengan karakter masing-masing daerah.

Contohnya adalah Kediri. Kabupaten di Provinsi Jawa Timur mempunyai beberapa jenis durian yang sudah dikenal oleh para pecinta kuliner nusantara. Salah satunya adalah slumbung durian.

Karakteristik durian Slumbung terletak di tekstur daging legit dan tidak keras, dan rasa manis yang sesuai di lidah. Selain itu, Kediri juga memiliki durian varietas lain yang unik. Seperti durian semoyo, durian kelud, durian gapu, dan banyak lagi.

Pemerintah Kabupaten Kediri sebenarnya telah merancang berbagai program yang menarik untuk mempromosikan durian lokal untuk masyarakat luas. Selain itu, setelah letusan gunung Kelud yang terjadi pada tahun 2014, perekonomian penduduk setempat menurun secara signifikan.

Untuk menghidupkan kembali potensi ini, kemudian mengembangkan kawasan wisata baru dibagi menjadi 2 zona yaitu Kelud sirkuit zona dan zona agro. Di agro ini zona wisatawan dapat merasakan langsung berbagai poduk unik dari Kediri.

Dibangun pada area seluas 1 hektar, desa Durian memiliki sejumlah fasilitas menarik seperti wahana bermain anak, tempat selfie, gazebo, kafe, dan tentu saja tanah perkebunan lebih dari 30 pohon durian.

"Di tempat ini pengunjung dapat menikmati berbagai jenis durian unggul dari semua wilayah di Kediri, karena pada dasarnya, kami juga ingin memberikan pengalaman pendidikan kepada mereka, seperti menjelaskan proses penanaman, pengolahan, dan sebagainya, " kata Safuan, kepala Kampung Durian.

Safuan lebih lanjut menjelaskan, selain durian kupas, pengunjung dapat mencicipi berbagai jenis olahan durian yang dibuat secara tradisional. Mulai dari ketan durian, durian jenang (memakai saus), kompot durian, es duren dan beberapa produk modern seperti es krim dan durian pancake.

Selain itu ada pembibitan durian juga terletak di Kediri

Gambar bibit durian
Seed Growing Germinate Durian Seed Grow Pullulate

Kediri adalah sekarang lebih menarik dengan pembibitan. Tour baru adalah 'surga' bagi pecinta buah-buahan. Udara dan suasana sejuk pedesaan lebih lanjut menambah daya tarik. Salah satunya adalah Kediri Seed Garden.

Sebenarnya kebun bibit ini adalah kafe atau jalan-jalan yang tersedia untuk berbagai generasi. Mulai dari muda hingga tua. Keunikan dari destinasi ini adalah jumlah biji dari berbagai jenis buah yang Anda dapat membawa pulang untuk ditanam di rumah. Selain itu, Anda dapat juga belajar banyak tentang budidaya tanaman.

Makan Durian siang dan malam

Di taman ini tersedia banyak buah untuk dapat dinikmati oleh pengunjung. Salah satunya adalah durian, Anda dapat memilih sesuai dengan selera dan sebanyak yang Anda inginkan. Bahkan jika musim lagi, Anda dapat mencoba jenis durian bawor terkenal kelezatannya. Kenikmatan yang Anda Dapatkan lebih lengkap karena makan di pondok-pondok terbuka dan dikelilingi oleh taman yang indah.

Menikmati Cempedak dan Nangkadak

Kediri Botanical Garden juga menumbuhkan cempedak, buah yang tidak kalah lezat. Cempedak kulit buah-buahan lebih mirip dengan nangka. Kemudian ada juga nangkadak, penyempurnaan dari cempedak. Dua jenis buah adalah hasil dari sebuah salib dengan ukuran yang lebih besar dan buah semak.

Outbond Area dan bermain anak

Mengambil keluarga ke sebuah liburan di pembibitan adalah keputusan yang tepat. Anda dapat makan bersama keluarga dan mencoba berbagai wahana permainan yang disediakan. Anak-anak dapat berinteraksi dengan domba dan belajar tentang merawat tanaman. Jika lapar hanya memilih menu yang mantap di kafe.

Belajar tentang tanaman

Pengembangan pariwisata adalah sebuah tantangan, memberikan sentuhan kreativitasnya penting jika Anda ingin menjadi terkenal. Salah satu ide cerdas, tampaknya tur Seed Garden Cafe di Jl. Papar Pare, Plemahan, Tegowangi ini. Pengunjung dapat makan, bermain, belajar di satu tempat.

Baca lagi:

10 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur dan Sekitarnya yang Paling Favorit

Lakukan Tips Wisata Aman Ke Pasar Malam Ini

Wisata Pantai Plengkung Destinasi Favorit Banyuwangi


ReplyQuote
Share:
  
Working

Please Login or Register