Forum

PSSI Anniversary Cup 2018 Jadi Ajang untuk Menguji Lapis Kedua Timnas?  

  RSS

debbyang
(@debbyang)
New Member
Joined: 10 months  ago
Posts: 1
03/06/2018 5:43 pm  

Ajang PSSI Anniversary Cup 2018 digelar sebagai salah satu agenda perayaan hari jadi federasi sepakbola Indonesia. Rencananya, turnamen yang akan digelar di Stadion Pakansari itu bakal mulai bergulir pada 27 April hingga 3 Mei mendatang.

Selain Indonesia, tiga negara lain yang juga ikut ambil bagian adalah Korea Utara, Uzbekistan dan Bahrain.

Tim-tim kontestan nantinya tidak menurunkan skuat senior mereka, melainkan merujuk pada regulasi komposisi pemain yang diterapkan di Asian Games, yaitu menggunakan pemain U-23 dengan tambahan tiga pemain senior.

Jika melihat dari peringkat FIFA, lawan-lawan yang akan dihadapi Indonesia bisa dibilang memiliki kualitas yang lebih baik. Sesuai dengan peringkat terbaru di bulan April, Indonesia menjadi negara dengan peringkat terendah di turnamen ini (162), disusul oleh Bahrain (116), Korea Utara (112) dan Uzbekistan (88).

Sayangnya, pertandingan nanti tidak akan memengaruhi poin di peringkat FIFA karena digelar di luar agenda FIFA dan hanya menggunakan tim U-23.

Namun demikian, setidaknya ada beberapa hal yang dapat dipetik oleh timnas U-23 pada gelaran ini sebagai bekal untuk menghadapi Asian Games yang berlangsung tiga bulan lagi.

Meskipun hanya merupakan sebuah event seremonial hari jadi PSSI, tetapi turnamen ini bisa menjadi ajang uji kualitas para penggawa timnas U-23. Apalagi Luis Milla dibebani target tinggi oleh PSSI, yaitu menembus semifinal di Asian Games.

Pelatih asal Spanyol itu pun sadar betul bahwa target tersebut cukup berat. Oleh karena itu, gelaran PSSI Anniversary Cup ini akan dimanfaatkan untuk melihat kesiapan anak-anak asuhnya.

“Saya ingin turnamen ini menjadi pembelajaran bagi para pemain. Jadi bukan tentang menang atau kalah, tetapi saya ingin melihat sampai mana perkembangan mereka.

Intinya, kami akan tetap bermain semaksimal mungkin di turnamen tersebut,” ujar Luis Milla dikutip dari situs resmi PSSI.

Luis MIlla sudah memanggil 24 pemain yang terdiri dari tiga pemain senior dan para pemain U-23 yang telah lama dipersiapkan. Beberapa pemain andalan seperti kapten tim Hansamu Yama, Evan Dimas, Febri Hariyadi, dan Rezaldi Hehanusa juga turut dipanggil.

Sementara tiga pemain senior yang masuk dalam skuat besutan Milla kali ini adalah Lerby Eliandry (Borneo FC), Ilija Spasojevic (Bali United) dan Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta).

Dari komposisi pemain yang ada, sebenarnya sudah dapat dilihat bagaimana kerangka skuat timnas Indonesia untuk menghadapi Asian Games.

Skuat ini tidak mengalami banyak perubahan dari laga ke laga di beberapa laga uji tanding terakhir yang sudah dilakukan.

Di ajang Anniversary Cup ini juga ada beberapa wajah baru yang dipanggil oleh Luis Milla lantaran penampilan apiknya di awal musim Liga 1 musim ini. Mereka adalah Firza Andika dan Irfan Jaya, tetapi nama terakhir kabarnya terancam batal bergabung karena mengalami sakit tifus.

Selain itu ada pula pemain yang tak dipanggil lagi karena performanya yang menurun atau mengalami cedera seperti Rachmat Irianto, Kurniawan Kartika Ajie, Syahrian Abimanyu, dan Ahmad Nur Hadianto.

Sementara Ezra Walian tidak mendapat izin dari klubnya, Almere City, karena Anniversary Cup tidak berlangsung pada kalender FIFA.

Luis Milla masih punya cukup banyak waktu untuk menemukan komposisi terbaik timnya. Maka, ajang Anniversary Cup ini pun sepertinya juga akan menjadi panggung bagi para pemain cadangan.

Sebab dengan laga yang berlangsung setiap tiga hari, kemungkinan Milla akan melakukan rotasi pemain untuk melihat kualitas para pemainnya dan menjaga kondisi para pemain inti.

Di satu sisi, sebenarnya Anniversary Cup digelar pada waktu yang kurang tepat lantaran beriringan dengan bergulirnya Liga 1 2018.

Tak heran jika beberapa tim terpaksa harus kehilangan para pemain andalan mereka di pekan keenam Liga 1 karena harus memperkuat timnas.

Ikuti banyak berita piala dunia odds lainnya bersama kami.


ReplyQuote
Share:
  
Working

Please Login or Register