Forum

Pengalaman Lapor SPT Tahunan Pribadi Di Banda Aceh  

  RSS

Azlan Shah
(@admin)
Eminent Member Admin
Joined:3 years  ago
Posts: 36
14/01/2018 5:06 pm  

Teman-teman Aceh Foundation, saya mau berbagi pengalaman melapor pajak pada awal bulan ini, tepatnya tanggal 2 Januari 2018. Saya sendiri sudah pernah sebagai wajib pajak melapor SPT tahunan sebelumnya, pada tahun 2016 dan 2017, semasa gencar-gencarnya iklan terkait amnesti pajak dipublikasikan.

Jadi kalian bisa melapor pajak yang sudah dibayarkan sejak Januari dan paling lambat sampai 31 Maret 2018 nanti, untuk laporan pajak tahun 2017.

Apa yang baru di pelaporan spt tahun ini?

Kalau di tahun 2016, metode pelaporan pajak semuanya secara manual, sudah tidak asing lagi kalau kita melihat wajib pajak yang memadati kantor pajak pada bulan Maret, apalagi seminggu terakhir.

Tahun 2017 kemarin ada perbedaan mencolok, dimana sosialisasi terkait pajak dan embel-embel pajak, termasuk spt tahunan banyak yang dialihkan melalui online. Jadi kantor pajak tetap penuh pada akhir Maret, karena masih banyak yang belum paham, apalagi ada masalah server di tahun lalu. Sampai harus diberikan waktu tambahan pada bulan April untuk penerimaan laporan secara online.

Sedangkan untuk tahun ini, pelaporan SPT sepenuhnya dapat memilih beberapa cara yang dapat dilakukan dalam pelaporan spt. Namun bagi pemilik e-filling yang membayar pajak bulanan lewat online, harus melapor menggunakan platform yang sama. Berikut beberapa cara lain yang dapat kalian pilih menurut form laporan yang akan digunakan.

Cara pelaporan spt tahunan
Cara pelaporan spt tahunan

Sedangkan untuk badan, batas akhir pelaporan SPT Tahunan PPh 2017 wajib pajak badan pada 30 April 2018. Jadi kalau tidak mau berdesak-desakan, bisa mulai lapor sekarang atau nanti mulai dari awal April saja.

Pengalaman pribadi

Nah, saya sendiri mengisi formulir 1770 diluar pekerjaan tetap dimana penghasilan bruto senilai 43 juta rupiah. Dengan perhitungan norma sebesar 50%, didapatlah penghasilan neto sebesar 21 juta rupiah. Sedangkan limit penghasilan wajib pajak penghasilan bebas adalah 54 juta, sehingga tidak ada pajak yang perlu dibayarkan untuk penghasilan sepanjang tahun 2017 lalu.

Berarti untuk usaha pribadi perorangan, baru terkena pajak untuk penghasilan kotor sebesar 108 juta rupiah. Ruang yang sangat besar buat kita berkembang.

Beda dengan tahun 2016 lalu, dimana untuk usaha bebas dengan pemasukan perbulan sebesar 2 juta rupiah atau pertahun sebesar 24 juta rupiah, sudah terkena pajak, peraturan baru memberikan ruang yang signifikan jika kita bandingkan.

Peraturan baru ini diterapkan secara bertahap mulai dari 3 juta sampai sekarang menjadi 4,5 juta rupiah semenjak akhir 2016 lalu. Entah itu karena wajib pajak yang terlalu banyak sehingga kementrian keuangan tidak mampu memonitor seluruhnya, sehingga hanya berfokus pada 4,5 juta keatas. Atau karena alasan lain.

KPP Pratama Banda Aceh

KPP pratama Banda Aceh sendiri beralamat di Jl. Daud Beureuh No.20, Kuta Alam, Kota Banda Aceh, 22123, Indonesia. Tidak sulit untuk tahu tempat ini, karena letaknya ada di tengah kota, dekat dengan simpang lima Peunayong. Semua anak Banda Aceh pasti tahu simpang ini. Letak tepatnya ada di arah ke jambo tape dari simpang lima, di deretan KFC sampai Kantor DPRA.

Tunggu apa lagi, lapor spt tahunan kalian. Bangga bayar pajak!

Update Maret 2018

Menurut Hestu Yoga Saksama, dimana merupakan Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas DJP menghimbau agar masyarakat tidak telat melaporkan laporan SPT tahunan mereka. Batas akhir pelaporan SPT bagi wajib pajak orang pribadi adalah 31 Maret nanti, sedangkan untuk wajib pajak badan pada 30 April 2018. Khusus WP badan jika terlambat melaporkan SPT tahunan akan dikenakan denda sebesar 1 juta rupiah. Sedangkan untuk WP orang pribadi akan terkena denda sebesar 100 ribu rupiah saja.

Telat lapor SPT denda menanti
Telat lapor SPT denda menanti l Sumber: Media cetak Serambi Indonesia Banda Aceh

 


ReplyQuote
Share:
  
Working

Please Login or Register