Memilih Topik Dan Nama Blog Yang Tepat

Membangun situs Anda sendiri selayaknya menciptakan sebuah toko virtual, penjualan barang maupun jasa Anda atau bahkan dapat menjadi tempat promosi diri Anda pribadi dan produk Anda yang akan menjadi bagian informasi yang terkumpul dalam World Wide Web. Semua orang mencari informasi menggunakan teknologi ini dan seharusnya Anda dapat memanfaatkan hal ini dengan pemilihan nama blog yang tepat agar pengunjung potensial dapat mengunjungi situs Anda dan jadi tertarik dengan apa yang dapat Anda tawarkan.

Entah itu adalah dengan cara memberikan apa yang memang mereka ingin cari melalui googling, atau, Anda tawarkan hal baru yang dapat memicu keinginan mereka untuk menggunakan jasa Anda diluar keinginan mereka pada awalnya. Namun apa sebenarnya yang dapat Anda tawarkan? Saya punya dua pilihan untuk menentukan pasar bisnis online yang terbaik bagi Anda.

man-with-googles
Pixabay.com

Pilih hot market

Hot market artinya pasar yang punya perbandingan basis pengunjung dan pesaing yang lebih tinggi dari pasar yang lain. Contohnya pasar musik rock. Mereka jelas punya fanbase tersendiri yang cukup banyak dengan pesaing bisnis yang sedikit dibandingkan dengan pasar yang sebanding lainnya. Karena itulah musik rock terus hidup sampai sekarang walaupun lebih banyak lagi orang yang tidak suka musik rock.

Jadi cari niche atau tema pasar Anda dimana cuma ada sedikit situs yang berkualitas. Kalau Anda bisa membuat sebuah topik situs berkualitas di pasar tersebut, situs Anda pasti akan terus dikunjungi oleh orang-orang yang mencari informasi spesifik dalam pasar yang anda masuki ini. Setiap pasar punya basis pengunjung yang akan terus mencari tentang itu secara terus-menerus. Istilahnya menjadi calon pelanggan tetap Anda untuk tempat usaha Anda nantinya. Menarik bukan?

Jika Anda coba buat tempat yang mempertemukan antara pencari pekerja lepas dan penampung para pekerja lepas seperti projects.co.id, sudah jelas website itu akan kalah jauh oleh freelancer.com. Menguasai pasar seperti ini, bukan hanya membutuhkan modal yang jauh lebih besar, namun anda harus siap dengan jatuh bangun perusahaan, hutang sementara (kalau ada), hutang jangka panjang (kalau ada), permasalahan abritase, penarik perusahaan pemakai jasa freelancer yang jelas membutuhkan waktu yang sangat lama, periklanan, web maintainance, SDA, dan lain-lain yang semuanya tidak masalah jika Anda punya modal yang besar dan yakin dengan bisnis plan yang akan Anda jalankan.

Oke. Sekarang bagaimana caranya mengetahui dimana pasar yang banyak kompetisinya atau tidak? Salah satunya adalah dengan cara cek email spam anda. Jangan pakai niche yang disukai oleh spammers. Saya jamin di internet penuh dengan niche serupa. Ayo sekarang cek email spam Anda!

Pasar yang baru muncul

Coba lihat pengambilan video dengan budjet rendah misalkan. Sebelumnya, kamu butuh perusahaan besar untuk melakukan pengambilan video sampai ke pemasarannya. Sekarang kamu bisa mengumpulkan semua peralatan yang dibutuhkan kurang dari US$1000 atau sekitar 14 juta rupiah (blog.mingthein.com), kamu bisa mendapatkan peralatan bersaing untuk memulai industri video kamu sendiri!

Sampai beberapa tahun kebelakang, industri seperti ini membutuhkan budget yang besar dengan kebutuhan peralatan-peralatan yang bisa dibilang sangat mahal untuk memproduksi hasil yang diinginkan. Namun dengan berkembangnya teknologi yang sangat cepat, terima kasih kepada teknologi komputer, sekarang peralatan dalam pembuatan video jadi sangat murah dan penyuntingannya pun dapat kita jalankan pada kebanyakan komputer.

Ditambah adanya kemudahan bagi Anda untuk membuat situs Anda sendiri dengan harga yang murah? Hmm.. Tentu menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bukan? Tentunya yang menjadi masalah adalah, jika Anda benar-benar serius, langsung jalankan bisnis dalam pasar yang baru muncul sebelum pasar menyentuh ‘equalibrium pasar’. Ya, sebelum kompetitor lain masuk, buat landasan bisnis yang jelas, matangkan, sehingga bisnis Anda selalu lebih maju bahkan dari banyak pendatang baru dalam pasar Anda nantinya yang akan muncul dalam beberapa tahun ke depan.

Dalam hal ini, bukan maksud saya untuk mengharapkan Anda menggeluti bidang pembuatan video, bukan. Maksud saya adalah jika Anda tidak bisa menemukan pasar yang langsung bisa kamu monopoli penuh, kamu harus cari pasar yang terus berkembang yang hamper akan meledak.

Pemilihan nama blog yang tepat

Pemilihan nama blog yang efektif dibagi ke dalam beberapa macam sesuai dengan target income yang ingin Anda capai. Selain itu seberapa besar Anda ingin mengembangkan bisnis Anda. Jika budget Anda sangat besar, termasuk dalam rentang 100 juta rupiah ke atas, maka pemilihan nama bisnis Anda haruslah memiliki nilai yang unik dan khusus yang memiliki citra brand, tanpa perlu keyword dalam nama situs. Contoh: okezone.com atau kaskus.co.id.

Beda jika Anda memiliki budget terbatas, pastinya google SERP menjadi patokan Anda dalam mendatangkan mayoritas pengunjung blog Anda. Karena itu pemilihan keyword harus dimasukkan ke dalam url situs, contohnya: ciresep.com dan acehfoundation.org.

Terima kasih, selamat memulai bisnis online anda. Semoga sukses!

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *