Tips Memilih Rumah Murah di Perkotaan

Tinggal di perkotaan besar seperti Jakarta memang sudah menjadi impian kebanyakan masyarakat di Indonesia. Memiliki rumah sendiri di Kota memang bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Dengan memiliki rumah tentunya hidup akan menjadi lebih tenang karena tidak perlu takut kebasahan saat hujan atau kepanasan saat matahari menyengat. Sayangnya dengan mahalnya harga tanah di kota tentu akan berimbas pada mahalnya harga sebuah rumah. Sehingga tidak mudah untuk menemukan tempat tinggal dengan harga yang murah di daerah perkotaan.

Apa Saja Tips dalam Memilih Rumah Murah di Perkotaan?

Seperti yang Anda tahu, membeli rumah di kota dengan harga murah sangatlah susah. Oleh karena itu, membeli rumah di perumahan bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa dilakukan jika Anda ingin memiliki rumah dengan harga yang relatif murah. Namun, ada beberapa hal yang perlu dilakukan jika Anda ingin membeli sebuah rumah di perumahan dengan harga yang murah.

  1. Kumpulkan semua informasi yang berkaitan dengan penjualan rumah

Untuk bisa membeli rumah dengan harga murah, Anda harus mengumpulkan informasi mengenai penjualan rumah baik bisa berupa brosur maupun sumber informasi lain. Biasanya informasi tersebut sudah mencantumkan kondisi rumah, harga rumah, dan lain-lain. Setelahnya, Anda bisa memilih dan memilah mana kira-kira rumah yang dirasa sesuai dengan keadaan dan kebutuhan Anda. Tidak hanya itu, Anda juga harus mempertimbangkan apa saja kelebihan dan kekurangan dari rumah tersebut. Jadi, kumpulkan informasi selengkap-lengkapnya agar Anda tidak menyesal nantinya.

  1. Survei beberapa tempat

Setelah memiliki informasi yang dikira cukup, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan survei. Hal ini diperlukan untuk melihat seperti apa realitas dari informasi yang Anda kumpulkan. Anda bisa meninjau secara langsung bagaimana kondisi rumah serta semua fasilitas pendukungnya. Jangan langsung puas hanya dengan meninjau satu rumah saja, coba kunjungi rumah dari perumahan lain. Siapa tahu, Anda akan mendapatkan rumah impian Anda di sana dengan harga yang lebih murah dan dengan fasilitas yang mendukung.

  1. Posisi rumah

Jika Anda memilih untuk tinggal di perumahan maka posisi rumah akan menentukan mahal atau tidaknya rumah tersebut. Rumah dengan posisi atau lokasi yang strategis akan menjadi incaran banyak orang sehingga rumah yang berlokasi strategis seperti di daerah pojok akan memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan rumah yang berada di tengah-tengah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menanyakan harga dari masing-masing rumah dari semua lokasi. Mungkin akan ada satu rumah dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang lain namun lokasinya masih terbilang strategis.

Tidak hanya rumah yang berada di area pojok saja yang memiliki harga lebih mahal tetapi juga rumah yang menghadap ke timur dan yang berada dekat dengan pintu masuk perumahan. Setiap rumah yang menghadap ke arah timur memang akan memperoleh sinar matahari yang lebih banyak jika dibandingkan dengan rumah yang menghadap ke arah lain. Sehingga akan lebih baik jika membeli rumah yang menghadap ke arah lain tetapi usahakan tetap mendapat cahaya matahari pagi. Karena selain akan membuat penghuni rumahnya lebih sehat, rumah juga akan menjadi hangat pada malam hari.

Membeli rumah di perumahan bukan satu-satunya cara untuk memperoleh rumah dengan harga murah yakni seperti dengan membeli rumah tua. Namun, yang perlu diperhatikan adalah untuk tetap memperhatikan bagaimana kondisi rumah tersebut, apakah layak atau tidak.

Nia Camelia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *