Tips Memilih Apartemen untuk Investasi

Sepetak tanah atau sebuah hunian memang bisa dijadikan sebagai investasi masa depan yang terbilang sangat menguntungkan. Pasalnya dengan bertambahnya jumlah penduduk dengan jumlah luas tanah yang tidak sebanding membuat harga tanah atau hunian seperti apartemen selalu meningkat setiap tahunnya. Jadi, tidak ada salahnya memiliki satu atau dua buah apartemen sebagai investasi masa depan. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat akan memilih sebuah apartemen untuk investasi.

Beberapa Tips Saat Memilih Apartemen dengan Tujuan Investasi

  1. Carilah apartemen dengan lokasi strategis

Tips pertama dalam mencari apartemen yang diniatkan untuk investasi adalah untuk mencari apartemen dengan lokasi yang strategis dan dekat dengan pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit, jalan tol, dan lain-lain. Perhatikan pula akses menuju lokasi apartemen apakah mudah dijangkau atau tidak. Karena meski apartemen tersebut memiliki lokasi yang strategis tetapi sulit dijangkau maka nilai investasi dari apartemen tersebut akan sulit berkembang. Jadi, usahakan pilih apartemen dengan lokasi strategis dan memiliki akses yang baik jika Anda ingin apartemen tersebut menjadi investasi berharga.

  1. Perhatikan bagaimana lingkungan di sekitar apartemen

Selain lokasi dan akomodasi dari apartemen tersebut, perhatikan pula bagaimana lingkungan yang ada di sekitar apartemen. Memang tidak bisa di pungkiri kondisi lingkungan sangat mempengaruhi kenyamanan dan ketenangan dari sebuah hunian. Oleh karena itu, usahakan memilih apartemen, khususnya yang ingin disewakan, memiliki pemandangan yang sedap dipandang. Dengan hal ini, Anda bisa menyewakan apartemen tersebut dengan harga yang lebih mahal.

  1. Fasilitas yang ditawarkan

Mencari sebuah hunian khususnya untuk investasi harus memiliki fasilitas pendukung yang tentunya mendukung nilai investasi agar terus naik. Selain lokasi, fasilitas yang dimiliki oleh apartemen juga sangat berpengaruh pada perkembangan nilai investasi. Fasilitas utama yang harus ada adalah fasilitas keamanan, selanjutnya adalah fasilitas pendukung seperti kolam renang, jogging track, taman, arena bermain, dan juga cleaning servis.

  1. Pertimbangkan harga dan bagaimana pembayarannya serta waktu saat akan membeli apartemen

Tips keempat adalah untuk mempertimbangkan harga yang ditawarkan. Jangan sampai Anda tergiur akan harga yang murah namun lokasi apartemen sangat tidak mendukung untuk investasi. Anda tidak perlu memaksakan membeli apartemen mahal, sesuaikan saja dengan kemampuan yang dimiliki. Jadi, pilihlah harga yang tepat dengan lokasi yang tepat pula. Jangan lupa tanyakan mengenai cara pembayarannya, apakah itu dilakukan secara tunai atau secara kredit.

Tidak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk membeli sebuah apartemen. Umumnya terdapat tiga masa penjualan properti, yakni sebelum launching, saat launching, dan setelah apartemen selesai dibangun. Harga termurah yang ditawarkan oleh pihak pengembang biasanya pada saat sebelum launching. Jadi, tidak ada salahnya mencari tahu informasi mengenai rencana pembangunan apartemen dari beberapa developer. Tidak hanya lebih murah, Anda juga bebas memilih mana unit yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Siapa pengembangnya?

Tips terakhir adalah perhatikan siapa pengembang apartemen yang akan Anda beli. Usahakan untuk membeli apartemen dengan reputasi pengembang yang baik, bertanggung jawab, terpercaya, dan memang profesional di bidangnya. Dengan begitu, Anda dapat dengan percaya diri mempromosikan unit apartemen tersebut baik untuk dijual maupun untuk disewakan. Selain itu, dengan baiknya reputasi dari pengembang apartemen tersebut, Anda bisa menaikkan harga sewa atau harga jual dari apartemen yang Anda miliki.

Nia Camelia

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.