Tips Jitu dan Ampuh Agar Bisnis Rumahan Maju dan Berkembang

Bisnis rumahan merupakan bisnis yang akhir-akhir ini menjadi populer. Alasannya adalah karen bisnis jenis ini mudah untuk dijalankan dan juga membutuhkan modal yang relatif kecil. Dengan modal yang relatif kecil sekaligus mudah untuk dijalankan tersebut, pengusaha sudah dapat membangun sebuah bisinis yang bisa menjadi sumber penghasilan. Namun tentu saja, dibalik sebuah bisnis pasti akan ada suatu usaha agar bisnis yang dibangun berkembang, maju dan sukses. Manajemen yang baik diperlukan agar sebuah bisnis dalam jenis apapun dapat berkembang, tidak terlepas termasuk juga didalamnya bisnis rumahan.

Bisnis rumahan menggunakan modal yang relatif kecil dan cenderung mudah untuk dikelola. Namun kenapa terdapat pembisnis rumahan yang gagal dalam berbisnis? Alasan-alasan yang menjadikan sebuah bisnis (termasuk bisnis rumahan) mengalami kemunduran, kegagalan, dan kebangkrutan dalam kewirausahaan dan strategi bisnis adalah:

• Pembisnis kekurangan pemahaman terhadap sebuah usaha
• Pembisnis kekuarangan pengalaman dan tidak memiliki strategi pemasaran produk yang baik
• Pembisnis kekuarangan pemahaman untuk menjaga kestabilan usaha
• Pembisnis kekurangan keahlian dalam pengelolaan administrasi usaha dan keuangan usaha
• Pembisnis kekurangan SDM yang handal berhubungan dengan usaha yang dijalani
• Pembisnis kurang baik dalam mengontrol kredit
• Pembisnis kurang bersinergi dengan kemajuan teknologi

Alasan-alasan diatas menjadikan seorang yang menjalani bisnis rumahan mengalami kemunduran dan kegagalan dalam menjalani bisnisnya. Dari segi psikologis, terdapat kemungkinan seorang pembisnis menganggap remeh faktor-faktor tersebut dikarenakan bisnis rumahan dalam pemikiran masyarakat merupakan bisnis yang “mudah” untuk dijalankan. Padahal, meskipun memang senyatanya demikian seorang pembisnis harus tetap berhati-hati dalam berbisnis. Segala faktor yang dapat merugikan dan memajukan bisnis yang dijalani perlu diperhatikan dengan seksama. Dalam mengembangkan sebuah bisnis, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan pembisnis/ pengusaha agar sebuah bisnis rumahan dapat maju:

• Melakukan strategi promosi dan iklan sesuai kebutuhan

Iklan merupakan sarana yang penting dalam mengembangkan usaha. Dengan iklan konsumen akan lebih mengenal produk yang ditawarkan sebuah usaha. Sedangkan promosi menjadikan konsumen mau mencoba produk dari usaha kita. Iklan dan promosi memang baik namun perlu dilakukan sesuai kebutuhan. Tidak berlebihan dan tidak kekurangan.

• Menjaga administrasi usaha dan administrasi uang

Dalam bisnis rumahan, pembisnis terkadang terlalu meremehkan administrasi usaha dan administrasi keuangan. Ini karena mereka menyepelekan keduanya dalam usaha rumahan. Administrasi usaha diperlukan agar aset dan teknis usaha berjalan teratur. Dan administrasi keuangan diperlukan agar modal dan pemasukan terlihat jelas serta menjadikan lebih stabil dan imbang.

• Meminimalkan hutang/kredit dengan baik

Dalam sebuah usaha, hutang/ kredit digunakan untuk mengembangkan usaha. Namun ini didasarkan dengan kemampuan usaha. Apakah ada jaminan usaha mampu mengembalikan? Jika ada maka kredit baik digunakan untuk mengembangkan usaha. Namun perlu strategi yang baik agar kredit dapat menjamin perkembangan usaha dan penambahan pemasukan. Baik dengan menambah aset produksi, menambah cabang, dll.

• Banyak berdoa dan mau belajar ilmu bisnis

Terkahir banyak-banyaklah berdoa serta kembangkan minat dan niat untuk belajar ilmu bisnis. Keduanya akan membantu seseorang lebih handal dan berpengalaman dalam berbisnis.

Dalam bisnis rumahan, seseorang sebenarnya memiliki jalan untuk berkembang dan menjadi sukses. Namun perlu dibarengi dengan niat, usaha, dan ketelitian. Seseorang perlu niat untuk mengurus usahanya. Sedangkan usaha yang keras diperlukan agar usaha dapat berkembang maksimal. Kemauan belajar menjadi penting untuk menambah pengalaman. Sedangkan ketelitian menjadikan seorang pengusaha/ pembisnis lebih berhati-hati dan tidak menyepelekan segala sesuatu. Segala ilmu dan strategi bisnis dapat berguna untuk mengembangkan usaha sekalipun itu usaha bisnis rumahan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.