Pilihan Bisnis Sampingan Bagi Karyawan dengan Modal yang Sedikit

Menjadi seorang karyawan tetap dengan gaji yang terjamin pasti menjadi impian banyak orang. Sayangnya gaji seorang karyawan tidak selamanya mencukupi semua kebutuhan hidup para karyawan beserta keluarganya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk Anda, para karyawan, untuk mulai berbisnis sampingan yang memberikan pemasukan tambahan. Melakukan usaha atau bisnis sampingan sama sekali tidak dilarang oleh perusahaan dengan syarat tidak boleh mempengaruhi kinerja dari karyawan yang bersangkutan.

Beberapa Bisnis Sampingan dengan Modal yang Sedikit

  1. Jual pulsa eletrik

Pulsa memang sudah menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang khususnya bagi pemilik benda bernama gadget. Untuk menjadi seorang penjual pulsa, modal yang dibutuhkan tidaklah banyak yakni sekitar 1 juta rupiah hingga 3 juta rupiah saja. Sebagai permulaan, Anda bisa menjual pulsa elektrik dengan hanya bermodalkan ponsel saja yang sudah terhubung dengan agen pulsa eletrik. Untuk konsumennya sendiri, bisa dari teman, keluarga, atau pun tetangga.

  1. Berjualan online

Sungguh sangat disayangkan dengan adanya ponsel pintar yang tersambung dengan internet tidak digunakan dengan semaksimal mungkin. Ada banyak sekali jenis barang yang bisa dijual di toko online, mulai dari makanan, minuman, pakaian, obat-obatan, peralatan make up, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Untuk berjualan online, Anda bisa membuat sendiri website atau blog atau juga bisa bergabung dengan beberapa e-commers online seperti tokopedia.com atau bukalapak.com. Ada tiga pilihan saat Anda akan berjualan online, yakni sebagai pemilik barang, sebagai reseller atau sebagai drop shipper.

  1. Membuat blog

Membuat blog juga bisa menjadi usaha sampingan bagi Anda yang memiliki hobi menulis. Pasalnya umumnya postingan sebuah blog berupa tulisan namun ada pula yang mengupload foto. Bagi Anda yang ingin menjajal membuat blog, Anda bisa mencoba sarana blog gratis seperti blogspot.com. Salah satu hal penting agar blog Anda bisa menghasilkan uang adalah isi postingan yang berkualitas. Anda bisa memulainya dari menjajal memposting sesuatu yang Anda sukai atau bidang yang Anda tekuni sekarang. Dengan menulis apa yang Anda suka atau sesuatu yang berkaitan dengan bidang yang Anda tekuni tentu akan lebih mudah dan lebih mengalir bukan?

  1. Menjual foto di internet

Apakah Anda seorang karyawan yang memiliki hobi mengambil gambar? Jika iya, Anda bisa menjual hasil jepretan Anda di internet seperti di ShutterStock.com dengan komisi 20% hingga 30% untuk setiap hasil foto atau di Istockphoto.com dengan bayaran 15% untuk setiap foto yang terjual. Jika Anda memilih usaha ini sebagai usaha sampingan, Anda harus memiliki akun PayPal untuk menerima setiap komisi yang masuk dari situs-situs tersebut.  Selain kedua situs tersebut, Anda juga bisa menjajal menjual hasil jepretan Anda di StockFresh.com atau Fotolia.com.

  1. Menjual makanan atau kue

Bagi Anda yang memiliki kemampuan memasak di atas rata-rata, Anda bisa menjajal usaha sampingan yang satu ini yakni berjualan makanan atau kue. Anda bisa menjual sarapan pada pagi hari sebelum berangkat kerja atau bisa juga membuat kue yang dititipkan ke warung-warung terdekat. Siapa tahu nanti ada yang berminat dan langsung memesan dalam jumlah besar.

Kelima usaha sampingan di atas hanya beberapa contoh usaha sampingan dengan modal kecil. Masih ada banyak sekali usaha sampingan lain seperti membuka jasa cuci motor, jasa laundry, dan lain-lain. Jadi, jangan hanya puas bekerja sebagai karyawan saja. Cobalah beberapa usaha sampingan untuk menambah penghasilan Anda.

Nia Camelia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.