Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Memulai Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba atau Franchise memang sedang menjadi tren dewasa ini. Tentu ada alasan mengapa bisnis ini semakin berkembang pesat dari hari ke hari. Bukan saja bidang kuliner yang menyediakan waralaba tapi juga bisnis perhotelan dan bidang lain yang tentu saja potensial menghasilkan untung. Satu pertimbangan banyak orang untuk memilih bisnis waralaba yaitu terkait dengan semuanya telah siap pakai. Seorang pembeli bisnis waralaba tidak perlu lagi memulai dari awal karena semua telah disediakan dari perencanaan sampai ke promosi. Tentu ada istilah bagi hasil dalam prosentase untuk pengembang waralaba dan pembelinya. Masing masing mendapatkan prosentase khusus ynag telah dipertimbangkan. Hal lain yang menjadi daya tarik bisnis waralaba adalah resikko rugi yang relatif kecil karena umumnya usaha waralaba sudah sukses terlebih dahulu baru dibuatkan mekanisme franchisenya. Namun rugi bisa saja datang karena persaingan tetap ada di dunia bisnis waralaba.

Nah, bagi kamu yang ingin mempunyai usaha waralaba tentu harus mempertimbangkan banyak hal sebelum mecobanya. Berikut ini beberapa pertimbangan yang perlu dilihat untuk usaha waralaba.

• Pertimbangkan reputasi usaha waralaba

Tentu saja kamu tidak mau rugi dlaam menjalankan bisnis termasuk waralaba. Bila demikian, tentu saja kamu perlu membeli usaha franchise yang memang sudah bereputasi. Kelemahan dari hal ini, umumnya reputasi ynag bagus terkait dengan harga yang tak murah. Misalnya, franchise KFC yang sudah mendunia. Dijamin kamu mendapatkan untung yang lumayan dari bisnis ini karena reputasinya namun jangan salah uang yang dikeluarkan untuk membelinya pun tak murah.

• Perimbangkan prosentase keuntungannya

Ini adalah elemen pentig yang harus dilihat. Jangan sampai kamu membeli bisnis waralba yang ternyata hanya untuk memperkuat modal si pengembang saja. Tentu prosentase harus lebih besar di pembeli bukan di penyedia.

• Pertimbangkan persaingan bisnis yang ada

Tentu saja bisnis warlaba tidak hanya satu saja di bidang tertentu. Ada banyak jenis merek yang menawarkan sistem ini. Terkait dengan hal ini, kamu harus memastikan bahwa kamu mendapatkan bisnis waralaba yan terbaik. Penting bagi kamu untuk meneliti terlebih dahulu sebelum membeli.

• Kemudahan sistem

Tidak semua bisnis waralaba menguntungkan dan mudah dijalankan. Itulah penting bagi kamu untuk melihat sistem yang ada. Tentu saja sistem yang mudah dijalankan dan menguntungkan yang harus kamu pilih.

Itulah aspek penting dalam menjalankan usaha waralaba. Tentu saja semua orang ingin untung saat berbisnis namun semua itu tidak mudah untuk diwujudkan. Bisnis waralaba pun sama. Meskipun semua sudah disediakan, untung tidak serta merta datang. Untuk menghindari kerugian, kamu harus amat berhati hati saat membeli bisnis franchise. Aspek yang telah dijelaskan di atas tentu harus dijadikan pertimbangan agar kamu bisa mendapatkan yang terbaik. Modal yang kamu miliki juga tentunya akan berdampak pada keputusan saat membeli franchise. Kini banyak sekali analist bisnis yang bisa membantu kamu untuk membuat pertimbangan saat membeli usaha waralaba. Itulah mengapa kamu seharusnya bisa menfaatkan jasa konsultan sebelum membeli. Namun uang yang dikeluarkan pun tak murah hanya untuk membantu kamu mengambil keputusan. Apapun itu, yang terpenting adalah kamu yakin saat membuat keputusan membeli bisnis franchise. Gunakan teknologi yang ada agar kamu mendapatkan informasi yang lengkap sebelum membeli. Bila sudah yakin, lakukan transaksi dan konsisten lah menerapkan semua hal yang terkait dengan waralaba yang telah kamu pilih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.