Keuntungan Dari Menggunakan Asuransi Syariah

Keberadaan asuransi merupakan suatu cara yang dilakukan seseorang untuk dapat mempersiapkan diri apa bila terjadi sesuatu hal yang tidak terduga seperti kecelakaan atau jatuh sakit. Saat ini anda tidak akan kesulitan dalam mencari sebuah asuransi karena sudah banyak perusahaan perusahaan yang menawarkan asuransi dengan berbagai keunggulan tersendiri pada produk asuransi yang dikeluarkan. Perusahaan asuransi itu sendiri biasanya bertugas untuk mengelola dana asuransi sebaik mungkin dan dapat ditarik oleh pemilik asuransinya pada saat saat tertentu misalnya saat terjadi kecelakaan atau sakit. Ada banyak jenis asuransi yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan yang berbeda. Salah satu jenis asuransi yang juga dapat anda pilih adalah asuransi syariah.

Asuransi syariah sendiri dibuat dan dijalankan dengan menerapkan aturan syariah. Dimana aturan tersebut dikenal sebagai aturan yang bersifat saling tolong menolong. Asuransi syariah ini sendiri dapat berbentuk investasi aset atau pun uang yang nantinya akan menerapkan pola pengembalian agar dapat menghindari resiko tertentu melalui akad atau ikatan yang disesuaikan dengan ketentuan syariah islam. Ada pun sistem yang diterapkan dalam asuransi syariah ini adalah mengharuskan bagi anggotanya untuk menghibahkan sebagian atau seluruh kontribusi yang dimiliki untuk kemudian akan digunakan untuk membayar klaim apa bila ada anggota asuransi yang ditimpa suatu musibah. Dapat dikatakan bahwa dalam asuransi syariah ini, peranan perusahaan hanya lah sebagai pengelola operasional dan investasi dari sejumlah dana yang diterima dari anggota yang mengambil asuransi syariah.

Setiap asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan perusahaan pastinya memiliki keunggulannya masing masing. Ada pun asuransi syariah juga memiliki beberapa keunggulan yang dapat menjadi pertiimbangan anda untuk ikut bergabung sebagai anggota dari asuransi syariah tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh asuransi syariah.

Menerapkan prinsip sharing of risk

Asuransi syariah menerapkan pengelolaan resiko yang dibagi rata antara perusahaan pengelolaan dana asuransi dan anggota asuransi itu sendiri atau yang juga dikenal dengan istilah sharing of risk. Dengan begitu, resiko tidak akan hanya dibebankan pada satu pihak saja.

Pengelolaan dana yang transparan

Pada asuransi syariah, pengelolaan dananya dilakukan secara transparan. Ada pun pengelolaan dana tersebut ditujukan untuk mendatangkan keuntungan bagi para pemegang polis asuransi atau anggota asuransi syariah tersebut. Tidak ada namanya pengelolaan dana yang ditujukan untuk keuntungan dari perusahaan asuransi tertentu yang mengelola dana asuransi tersebut.

Menggunakan sistem perjanjian hibah

Keunggulan lainnya yang terdapat pada asuransi syariah adalah perjanjian yang dilakukan dengan cara akad hibah. Perjanjian dengan cara akad hibah tersebut tentu saja halal untuk dilakukan karena didasarkan dengan menggunakan ketentuan syariah.

Pembagian keuntungan yang didapatkan

Pada asuransi syariah, keuntungan yang didapatkan selama bergabung sebagai anggota polis asuransi akan dibagikan kepada semua anggota pemegang asuransi syariah pada perusahaan pengelola dana tersebut.

Keunggulan yang ditawarkan oleh asuransi syariah tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi anda yang ingin mengambil polis asuransi atau bergabung dengan jenis asuransi tertentu. Asuransi syariah yang menjalankan sistemnya dengan menerapkan aturan syariah tidak akan merugikan anda sebagai anggota. Bahkan anda akan dilimpahi banyak keuntungan selama menjadi anggota dari polis atau anggota asuransi syariah tersebut. Demikian pembahasan tentang keuntungan dari menggunakan asuransi syariah. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda terkait dengan asuransi syariah!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.