Beberapa Alasan Memilih Asuransi Syariah

Memang saat ini telah banyak sekali manfaat yang di tawarkan oleh sebuah perusahaan asuransi, dan setiap perusahaan asuransi pasti memiliki macam keunggulan masing-masing produk yang mereka dapat keluarkan, tak ayal bagi perusahaanasuransisyariah yang sangat mngutamakan hadits dan syariah alqur’an. Sebenarnya menurut Dewan Syariah Nasional asuransi syariah sendiri memiliki makna untuk melindungi dan saling tolong menolong antar sesame umat manusia melalui investasi dalam bentuk asset atau bisa di sebut tabungan yang sifatnya terikat dan sesuai dengan syariah. Dan dalam harfiah sendiriasuransi syariah adalah sebuah system yang dimana para anggota yang telah menginfaq-kan sebagian atau seluruh kontribusi yang akan di gunakan untuk asset atau bisa jadi di gunakan untuk mengganti dana yang telah di gunakan saat seorang anggota sedang menerima musibah, dan peranan perusahaan disini hanya pengelola operasional asuransi dan investasi dari dana yang masuk dan keluar.

Lalu apa bedanya dengan asuransi Konvensional ?

Memang jika di lihat dan di rasakan semua asuransi itu tidak ada bedanya, namun dalam hal ini ternyata Asuransi Syariah sangat memiliki banyak keunggulan dan kelebihan jika di bandingkan dengan asuransi konvensional. Dari hal-hal berikut ini saja kita tentu akan lebih memilih untuk berasuransi ke yang Syariah :

1. Cara Pengelolaan Resiko

Pada kebanyakan asuransi, resiko yang di tanggung/di bebankan ke anggota asuransi yang telah terikat sehabis ia sudah mendapatkan apa yang ia (Anggota) butuhkan atau system ini bisa kita sebut system Transfer of risk.

Namun lain halnya dalam Asuransi Syariah, yakmi semua anggota yang telah terikat akan saling tolong menolong, dan saling menjamin serta akan saling bekerja sama untuk mengumpulkan dana untuk orang yang sedang membutuhkan. Dengan begitu dapat di katakana system ini bisa disebut sharing of risk, yang mana resiko di bebankan tdak pada satu orang tapi juga ke perusaahan asuransi itu sendiri.

2. Pengolahan Dana

Nah ini juga sangat penting karena tak semua perusahaan asuransi memberi batasan atas berapa dana yang boleh di dapat walaupun si anggota telah menginfaq-kan dana yang cukup besar. Namun lain hal dengan Asuransi Syariah yang membarikan penjelasan tentang dana alias bersifat transparan dan terang-terangan dan di pergunakan besar-besaran untuk memberi keuntungan bagi anggota asuransi.

Dan juga kita mengenal dana hangus di beberapa asuransi konvensional di mana hal ini terjadi pada asuransi yang tidak di klaim, missal sang pemegang polis asuransui telah meninggal hingga masa pertanggungan telah habis). Itu tidak akan terjadi pada perusahaan syariah karena dana tetap bisa di ambil meskipun ada sebagian kecil telah masuk dalam dana tolong menlong.

3. Adanya kewajiban Zakat

Nah ini lah salah satu keunggulan yang ada di perusahaan Asuransi Syariah, yaitu mewajibkan kepada anggota untuk membayar zakat yang jumlahnya disesuaikan dengan besar keuntungan yang di dapat dari perusahaan. Dan fitur ini tidak semua asuransi konvensional ada.

4. Klaim dan Pelayanan

Tahukah kalau di dalam asuransi anggota bisa memanfaatkan perlindungan biaya rawat inap di rumah sakit untuk semua anggota keluarga, namun disini harus membutuhkan kartu yang nantinya akan ada tagihan.Dan juga Asuransi Syariah dapat melakukan double kliam, sehingga kita bisa melakukan klaim secara aman tanpa takut salah pilih kesalahan klaim, serta kita juga bisa mengajukan dua klaim walaupun dengan mengajukan klaim yang berbeda.

Nah itu mungkin sedikit penjelasan dari Perbedaan Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah, tapi dari penjelasan yang kami jelaskan di atas kami kembalikan pada anda yang mana anda yang bisa menentukan sendiri enak mana dan mampu yang mana.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *