Asuransi Syari’ah Berlandaskan Hukum Islam

Saat ini banyak sekali oaring yang mengikuti asuransi, baik itu asuransi pendidikannya, asuransi kesehatannya dan juga masih banyak lagi asuransi yang lainnya. Di Negara lain juga terdapat beberapa asuransi yang diikuti oleh masyarakatnya. Bahkan di Negara-negara tertentu terdapat banyak para wanita maupun laki-laki yang mengasuransikan badannya seperti tangan, kaki dan lain sebagainya untuk diasuransikan. Mungkin di Indonesia sendiri banyak juga wanita dan kaum laki-laki yang melkukan hal yang sama seperti di Negara lain.

Yang familiar di Indonesia sendiri saat ini banyak orang yang ikut asuransi hanya dalam bidang kesehatan, bidang pendidikan saja. Rata-rata hanya dua asuransi saja. Namun, di Indonesia sendiri selain perkembangan bank syari’ah yang saat ini melejit, terdapat juga yang namanya asuransi syari’ah. Jadi di Indonesia sendiri ada asuransi biasa atau konfensional ada juga asuransi syari’ah.

Asuransi ini sangat bermanfaat sekali, khususnya apabila kita suatu saat mengalami kerugian atau kecelakaan yang tidak diduga. Karena kita sudah mengikuti asuransi, maka biaya yang akan kita keluarkan pun nantinya menjadi ringan.

Dalam islam sendri sejak zaman dulu telah dikenal dengan yang namanya asuransi syari’ah. Dimana segala aturan serta hukum-hukumnya tersebut berlandaskan pada aturan serta hukum Islam, yang dasarnya berdasarkan pedoman ayat suci Al-qur’an. Dengan mengikuti asuransi syari’ah tersebut berarti anda sudah mengikuti hukum-hukum yang ditetapkan dalam Al-qur’an.

Namun bukan berarti asuransi yang sudah berjalan yang dulu sudah ada sebelum ada asuransi syari’ah tersebut salah. Hanya saja ada beberapa perbedaan yang mungkin orang Islam sangat dianjurkan untuk mengikuti asuransi Syari’ah.

Terdapat beberapa kelebihan yang bisa kita rasakan jika anda kita mengasuransikan jiwa, kesehatan, pendidikan, kecelakaan dan lain sebagainya dalam asuransi syari’ah. Dalam asuransi syari’ah tersebut tentunya adanya suatu perjanjian yang jelas atau akadnya harus jelas sesuai syari’ah islam. Selain akad yang jelas pula, dalam asuransi syari’ah juga pengelolaan dananya juga harus jelas dimana tidak adanya istilah riba dalam asuransi tersebut.

Dalam asuransi syari’ah pula tidak dikenal yang namanya judi atau maisir dan tidak ada gharar atau sesuatu yang tidak jelas. Dan yang dikelola tersebut digunakan untuk menghadapi jika peserta asuransi tersebut terkena musibah dan lain sebagainya. Walaupun ada bunga, akan tetapi Bunga tersebut tidak berlebihan dan juga tidak melebihi batas yang dianjurkan dalam syari’at islam. Lebih tepatnya dana tersebut akan digunakan sebagai sadaqah kepada yang lainnya.

Dalam asuransi syari’ah tersebut akad yang kita lakukan berdasarkan azas tolong menolong atau tafakuli. Dimana satu nasabah dengan nasabah lain adanya saling tolong menolong dalam kesusahan. Selain itu juga sebagian besar premi yang diasuransikan tersebut sebagian besar milik nasabah. Serta masih banyak lagi keuntungan, kelebihan serta manfaat lainnya bagi anda yang ingin melakukan asuransi syari’ah.

Di Negara Indonesia sendiri saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang memang mengikuti asuransi syari’ah tersebut. Artinya sudah banyak perusahaan yang menjalankan asuransi sesuai dengan prinsip islam atau syari’at islam. Termasuk asuransi kesehatan, kecelakaan, pendidikan dan asuransi yang lainnya juga. Dengan mengikuti asuransi syari’ah tersebut tentunya sangat membantu sekali terutama jika suatu saat terjadi sesuatu dalam kehidupan kita. Bagi anda yang ingin mengasurasnikan kehidupan anda, ikutilah asuransi syari’ah yang memberikan keuntungan sesuai dengan syari’at islam yang berlaku.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *