Apa Sih Manajemen Bisnis?

Kita sering mendengar kata manajemen bukan? Selain itu kita juga sering mendengar kata bisnis. Lantas apa yang ada di fikiran mu tentang Manajemen Bisnis? Langsung saja, disini kita akan kupas tentang Bisnis Manajemen.

Apa itu Manajemen? Menurut beberapa ahli, manajemen dapat di bedakan menjadi beberapa bagian seperti berikut:

  • Suatu bidang ilmu pengetahuan atau science yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk bisa mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama yang lebih bermanfaat bagi kemanusiaan, Luther Gulick
  • Proses mengorganisasikan, merencanakan, memimpin, serta mengendalikan pekerjaan maupun anggota dalam organisasi bisnis serta menggunakan semua sumber daya yang dimiliki organisasi untuk mencapai suatu sasaran atau target organisasi yang sudah ditetapkan, Stoner
  • Seni (kemampuan/keterampilan pribadi) dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Artinya bahwa manajer dalam mencapai tujuan organiasi melalui pengaturan orang lain untuk melakukan berbagai tugas yang mungkin diperlukan, Mary Parker Fallet

Sedangkan bisnis yaitu kegiatan dimana seseorang untuk mendapatkan keutungan dengan cara menjual maupun menawarkan produk atau jasa. Namun, bisnis juga dapat memberikan dampak kerugian baik dari segi material maupun non-material bagi pemiliknya. Tetapi apabila bisnis tersebut berhasil maka akan memberikan keuntungan serta kesejahteraan bagi pemilik maupun pihak – pihak yang terlibat dalam bisnis tersebut. Supaya bisnis dapat berjalan dengan baik dan terhindar dari resiko maka bisnis yang dijalankan pun harus dengan perencanaan yang matang serta pelaksanaan benar.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa manajemen bisnis merupakan suatu kegiatan guna mendapatkan keuntungan bagi pihak – pihak yang menjalani bisnis ataupun pelaku bisnis dengan cara pengendalian, perencanaan, pengorganisasian, dan kepemimpinan untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.

Setelah kita tahu apa itu manajemen selanjutnya apa sih penting nya manajemen? Mengapa harus manajemen dan mengapa manajemen didalam bisnis itu dibutuhkan? Karena tanpa suatu manajemen, semua usaha yang dilakukan akan sia – sia. Misalnya seorang penjual roti membeli bahan untuk memproduksi roti namun ia tidak menghitung pembelian bahan yang dibutuhkan sehingga bahan yang di beli terlalu banyak dan biaya produksi melambung. Sedangkan jumlah kebutuhan pasar lebih sedikit dari apa yang di produksi. Sehingga pengeluaran lebih banyak daripada pendapatan, dari kasus tersebut pembuat roti mengalami kerugian karena pendapatan atau keuntungan tidak sesuai dari yang di harapakan. Dari contoh di atas sudah kita ketahui bahwa pelaku bisnis roti tidak menerapkan konsep dalam manajemen bisnis sehingga usaha yang telah di lakukan dalam produksi menjadi sia – sia, karena tujuan utama bisnis adalah mendapatkan laba/keuntungan.

Lantas, bagaimana cara yang tepat dalam memanajemen ketika menjalankan bisnis? Dibawah ini terdapat 4 aspek yang harus di perhatikan dalam dunia bisnis yaitu:

1. Perencanaan

Merupakan proses yang menyangkut upaya untuk mengantisipasi kecenderunga di masa yang akan datang dan penentu strategi maupun taktik yang tepat untuk mewujudkan suatu target maupun tujuan bisnis. Adapun kegiatan perencanaan seperti: menetapkan tujuan dan target bisnis, merumuskan strategi untuk mencapai tujuan, menentukan sumber daya yang dibutuhkan, menetapkan standarisasi atau indikator keberhasilan untuk mencapai suatu target/tujuan bisnis.

2. Pengorganisasian

Merupakan suatu proses yang menyangkut tentang strategi dan taktik yang sudah dirumuskan dalam perencanaan desain dalam sebuah struktur organisasi bisnis yang tepat, sistem dan lingkungan bisnis yang kondusif, dan dapat memastikan semua pihak dalam organisasi bisnis mampu bekerja secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan bisnis.

Adapun kegiatan pengorganisasian meliputi: alokasi sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, serta di tetapkanya struktur organisasi yang menujukkan garis kewenangan serta tanggungjawab, adanya kegiatan perekrutan, penyeleksian, dan pengembangan SDM.

3. Pengawasan dan Pengendalian

Merupakan suatu proses yang dilakukan untuk dapat memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganiasasikan, dan di implementasikan agar dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.

4. Kepemimpinan

Merupakan suatu kegiatan atau seni untuk mempengaruhi orang lain agar mau bekerjasama dan di dasarkan pada kemampuan orang tersebut untuk membimbing orang lain dalam mencapai tujuan – tujuan yang diinginkan dalam bisnis.

Nah, Setelah belajar konsep dasar dalam manajemen bisnis langkah selanjutnya adalah melakukan tindakan nyata atau implementasi konsep – konsep tersebut ke dalam dunia bisnis yang sedang kamu jalani. Karena sebuah teori tidak akan lengkap apabila tanpa adanya penerapan  dunia nyata. Semoga artikel ini dapat membantu dalam bisnismu. Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.