7 Trik Sukses Budidaya Ikan Lele untuk Pemula

Permintaan ikan lele di pasaran kian hari kian meningkat. Ketika Anda ingin memiliki usaha sendiri maka usaha budidaya ikan lele bisa menjadi salah satu pilihan usaha yang cocok untuk Anda terapkan. Mengapa?

Banyak alasan dan kelebihan dari budidaya lele. Selain modal yang dibutuhkan tidak banyak, juga tidak memerlukan lahan yang luas. Hal ini merupakan salah satu alasan kenapa cocok untuk pemula sekalipun. Ternak ikan lele itu susah susah mudah. Namun jika sudah terbiasa dan menemukan pola untuk usaha ini, saya yakin Anda bisa sukses dalam bidang peternakan ikan lele. Baca lebih banyak tips-tips dan panduan bisnis di Aceh Foundation.

Budidaya Ikan Lele

Jika Anda masih pemula, Anda harus tahu 7 tips dan trik budidaya lele agar nantinya mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Pembuatan media budidaya

Untuk saat ini, media yang baik untuk budidaya ikan lele adalah kolam terpal bulat. Dibandingkan dengan kolam beton dan kolam terpal kotak, bentuk bulat memiliki banyak kelebihan. Tekanan air dari kolam terpal bulat akan lebih stabil, sehingga tidak menyebabkan stress pada ikan lele.

Anda bisa membuat sendiri kolam terpal. Ada banyak panduan pembuatan kolam terpal. Atau jika Anda khawatir dan tidak bisa membuat kolam dengan baik, Anda bisa membeli pada produsen jasa kolam terpal yang paling cocok.

2. Persiapan lahan

Setelah kolam terpal terpasang, Anda bisa mengisi air dengan ketinggian 30 cm. Namun jangan langsung dimasukkan lele. Tunggu hingga 4-5 hari agar plankton plankton bisa tumbuh yang nantinya sebagai pakan alami ikan lele.

3. Penyebaran bibit ikan lele

Pilihlah benih dengan ukuran 5-7 cm dengan ukuran seragam. Dengan tubuh yang sejajar dengan kepala, lihat juga tingkah laku benih lele. Bibit yang menggantung atau berdiri memiliki kualitas yang rendah.

Benih ikan lele lebih bagus kalau di tebar pada saat pagi atau sore hari supaya tidak terkena terik sinar matahari.

Cara menebarkan benih ikan lele, letakkan benih ikan lele ke kolam, dengan cara taruh benih ikan lele di wadah dari bahan plastik, misalnya pring plastik. Kemudian, tebarkan benih dengan cara memiringkan piring plastinya dan keluarkan benih ikan lele sedikit demi sedikit.

4. Pengaturan air

Ikan lele dapat hidup pada suhu 27-32 derajat Celcius. Apabila suhunya rendah, maka akan mengganggu proses pencernaan makanan pada ikan lele. Namun sebaliknya, apabila suhunya tinggi, maka pencernaan makanan pada ikan lele akan berlangsung cepat.

5. Pemberian Pakan

Faktor utama dalam budidaya lele adalah pemberian pakan. Anda harus memperhatikan pakan yang menyesuaikan usia ikan lele. Untuk lele yang berumur 3-4 hari hanya diberikan pakan alami seperti plankton, jentik jentik dan kutu air.

Untuk yang berumur diatas 4 hari pemberian pakan harus kaya akan kandungan protein. Pemberian pakan dilakukan secara berkala.

Memberi pakan pada ikan lele baik di waktu pagi, siang, sore dan malam hari. Tetapi ikan lele biasanya aktif pada sore dan malam hari, jadi lebih bagus memberi pakan pada sore dan malam hari.

Jangan sekali kali memberi pakan berupa daging, keong dan lainnya karena sifat lele yang kanibal, jika lapar maka akan memangsa ikan lele yang lainnya karena terbiasa memakan yang berbau amis.

6. Pengendalian hama dan penyakit

Pencegahan hama dan penyakit bisa dilakukan dengan cara :

  • Menjaga kualitas air,
  • Mengontrol kelebihan pakan,
  • Menjaga kebersihan kolam, dan
  • Mempertahankan suhu kolam pada kisaran 28 oC.
  • Selain penyakit infeksi, ikan lele juga bisa terserang penyakit non-infeksi seperti kuning, kekurangan vitamin, dll.

7. Proses panen

Budidaya pembesaran ikan lele hanya memerlukan waktu 2-3 bulan untuk panen. Saat waktu panen tiba, takaran ikan lele 1 kg sudah berjumlah 7-8 ekor. Gunakanlah peralatan memanen yang berbahan licin dan halus agar tidak menimbulkan lecet pada ikan lele.

Cara memanennya, yaitu dengan menyurutkan air kolam terlebih dahulu. Kemudian, gunakan serokan untuk menangkap ikan lele dan masukan dalam wadah berbahan plastik. Anda juga bisa memakai jaring kalau air kolam masih cukup banyak.

Nah itu adalah tips budidaya ikan lele secara singkat. Jika Anda ingin detail panduan budidaya bisa buka di : ternak lele kolam terpal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *