5 Tips dan Ide Jitu Membangun Bisnis Modal Kecil

Bisnis modal kecil dan bisnis rumahan dapat menjadi alternatif bagi anda yang ingin mencari penghasilan tambahan. Bisnis dalam kategori ini juga sering diibaratkan, dianalogikan, dan disebut dengan “menjalankan bisnis dari rumah”. Alasannya karena bisnis dalam kategori ini merupakan sebuah usaha yang membutuhkan pengelolaan yang minimum. Pembisnis/ pengusaha rumahan hanya membutuhkan sedikit perhatian untuk menjalankan bisnis rumahan. Sehingga menjalankan bisnis rumahan dapat menjadi sebuah jalan untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Pilihan melakukan bisnis rumahan biasa dilakukan oleh Pegawai Negeri Sipil, Pegawai Kantor, Pegawai Swasta, dan juga Pewirausaha murni. Tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba menjalani bisnis rumahan untuk menambah pengalaman dan pemasukan.

Dalam melakukan serta membangun sebuah bisnis, termasuk juga bisnis modal kecil dan bisnis rumahan, seorang akan memerlukan beberapa faktor penting sebelum menjalankan bisnis. Faktor-faktor ini perlu ada sebelum bisnis dijalankan karena tanpa faktor-faktor ini sebuah bisnis tidak akan bisa berjalan sebagai mana mestinya dan malah akan menimbulkan petaka. Apa saja faktor-faktor tersebut? Berikut adalah faktor yang perlu anda perhatikan dalam membangun bisnis bermodal kecil serta bisnis rumahan:

• Seorang perlu menentukan produk sebelum memulai usaha
• Perlu adanya modal untuk memulai usaha
• Perlu adanya Sumber Daya Manusia untuk menjalankan usaha
• Perlu adanya aset usaha
• Perlu adanya pasar untuk pemasaran produk

Keempat hal tersebut merupakan 4 hal penting yang juga merupakan faktor penentu apakah sebuah bisnis rumahan dan bisnis modal kecil dapat berjalan atau tidak. Seorang pengusaha/ calon pengusaha rumahan perlu mengetahui produk apa yang ingin dijadikan usaha. Produk merupakan faktor yang berada pada posisi sentral sebuah usaha. Dalam memilih produk, sebaiknya seorang calon pengusaha memilih produk yang mudah dipasarkan, memiliki tempat dalam pasaran, memiliki sedikit pesaing, menarik konsumen, dan jika bisa unik serta merupakan kebutuhan. Untuk mengelola usaha pasti seorang perlu punya pekerja dan pekerja administrasi. Karenanya sumber daya manusia perlu ada dalam usaha. Aset usaha sendiri termasuk didalamnya mesin produksi (jika butuh), alat transportasi (jika ingin ada), dan alat-alat lain yang menjadikan usaha menjadi lebih lancar termasuk juga tempat usaha. Sedangkan selanjutnya pengusaha/ calon pengusaha perlu tahu juga dimana ia akan memasarkan produk usahanya. Ketika semua lengkap, usaha sudah bisa dijalankan.

Ketika anda sudah menimbang, niat, nawaitu, dan siap untuk menjalankan binsis usaha dan bisnis modal kecil, pasti anda akan membutuhkan ide tentang usaha apa yang ingin anda jalankan dan anda bangun. Dalam rangka membantu anda, berikut kami sediakan 5 ide membangun usaha yang disajikan dalam 5 golongan jenis usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Selanjutnya akan tergantung kreatifitas dan kemampuan anda untuk menciptakan usaha. Ide-ide tersebut adalah:

• Ide Usaha Kuliner

Kuliner merupakan jenis usaha rumahan yang dapat dimulai dengan modal kecil. Kuliner juga merupakan usaha yang berpotensi untuk tumbuh dengan cepat. Alasannya adalah inti usaha ini adalah menyediakan sesuatu yang pasti dibutuhkan oleh masyarakat. Setidaknya, banyak unsur masyarakat yang membutuhkan tempat makan, dan tempat kuliner.

• Ide Usaha Toko Online

Usaha toko online merupakan usaha yang saat ini sedang booming dan berkembang pesat. Usaha online sendiri memerlukan modal sangat kecil karena tidak membutuhkan tempat luas. Usaha yang bisa dijalankan juga bervariatif.

• Ide Usaha Pangkas Rambut

Setiap orang pasti tidak dapat memangkas rambutnya sendiri, termasuk si tukang pangkas rambut. Sedangkan rambut akan terus tumbuh dan perlu dirawat. Membuka usaha salon atau pangkas rambut akan memberikan peluang dengan konsumen yang tidak akan pernah habis.

• Ide Usaha Bimbingan Belajar

Selama seseorang hidup dalam masyarakat pasti akan ada unsur masyarakat bernama anak sekolah dan remaja sekolah. Mereka sering membutuhkan bimbingan dalam pendidikan. Membuka bimbingan belajar juga menyediakan konsumen yang tidak pernah putus.

• Ide Usaha Dagang

Dalam menjalani kehidupan, manusia membutuhkan berbagai macam barang. Sebuah warung, atau sejenisnya juga sangat diperlukan dalam masyarakat. Dengan mencari lokasi strategis, usaha yang menyediakan barang kepada masyarakat memiliki potensi untuk berkembang dengan pesat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.