5 Kiat Mendapatkan Penghasilan Tambahan Untuk Mahasiswa

Kata siapa mahasiswa hanya bisa meminta jatah bulanan dari orangtua?  Saat ini seiring dengan kemudahan akses informasi, ada banyak sekali kiat-kiat yang dapat dilakukan mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bagaimana Cara Mahasiswa Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan?

Artikel ini akan membahas cara-cara yang dapat dilakukan oleh mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Semoga setelah membaca artikel ini kamu akan mendapatkan ide dan mempraktekkan apa yang telah ditulis dalam tulisan ini.

Mengajar

online learning pexels
online learning pexel

Kamu dapat mendapatkan tambahan uang dengan mengajar. Jangan salah sangka, kamu tidak hanya mendapatkan uang tambahan saja dengan mengajar, mengajar juga membantumu untuk mengasah kembali ilmu yang kamu tekuni di universitas.

Mengajar juga dapat membuatmu untuk belajar berkomunikasi secara efektif dan juga mengasahmu untuk menyampaikan materi yang mudah dipahami.

Bisnis Online

Online business Pixabay
Online business Pixabay

Mau dapat uang tambahan tanpa menguras waktu? Bisnis online solusinya! Saat ini semakin banyak cara yang dapat dilakukan untuk merintis bisnis online. Dan satu lagi, kamu tidak perlu pusing untuk melakukan stok produk, karena kamu dapat berjualan produk orang lain dengan metode dropship.

Dengan menggunakan metode dropship, yang kamu perlu lakukan hanyalah menjual produk saja. Saat ini, menjual produk bukanlah hal yang sulit, karena diluar sana sudah terdapat banyak sekali kanal marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak. Disana kamu dapat membuka toko online dan memasarkan produk secara gratis.

Freelancing

Freelancing Pixabay
Freelancing Pixabay

Saat ini semakin banyak orang yang mencari jasa freelancer secara online. Kamu dapat mejual jasamu kepada orang yang membutuhkan jasa freelancer di kanal freelancer ternama seperti Freelancer.com atau Upwork. Jika kamu seorang web desainer maka kamu dapat menjual jasa desain web. Jika kamu seorang mahasiswa jurusan seni rupa, maka kamu dapat menawarkan jasa lukis wajah di kanal freelancer.

Kendati waktunya dapat dikatakan fleksibel atau tidak ada jadwal yang tetap, menjadi freelancer saat masih kuliah akan membuatmu paham dengan etos kerja yang nanti akan kamu hadapi saat memasuki dunia kerja.

Event Organizer

Event Organizer Pixabay
Event Organizer Pixabay

Kampus merupakan tempat yang sangat rutin mengadakan acara-acara baik seminar maupun pentas seni. Kamu dapat berpartisipasi bersama teman-teman lain yang berasal dari jurusan berbeda. Selain mendapatkan uang tambahan, kamu juga dapat mengasah soft skill dengan mengikuti acara semacam ini. Keuntungan lainnya saat tergabung di dalam event organizer adalah, kamu dapat melengkapi CV kamu saat melamar pekerjaan.

Blogging

Blogging Pixabay
Blogging Pixabay

Blogging merupakan salah satu usaha mendapatkan uang yang kerap dianggap remeh, namun jangan salah, apabila kamu serius, maka kamu akan mendapatkan income tambahan dari blog yang kamu rintis.

Memang bagaimana caranya mendapatkan uang dari blog?

Sebenarnya mendapatkan uang dari blog bukanlah cara yang sulit, namun juga bukan cara yang mudah. Kamu harus membuat konten yang benar-benar disukai pengunjung, dengan ramainya pengunjung yang datang ke blog yang kamu buat, kamu dapat mendatangkan pengiklan untuk beriklan di slot yang kamu sediakan di dalam blog.

Terus kalau sudah buat blog, konten seperti apa yang harus dibuat?

Sebenarnya menbuat konten merupakan hal yang susah-susah gampang, cara paling mudah adalah membuat konten yang sesuai dengan minat kamu, jika kamu jago membuat animasi, maka kamu dapat membuat tutorial membuat animasi atau update software terkait dengan animasi.

Lalu bagaimana cara mendatangkan pengunjung ke dalam blog?

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendatangkan pengunjung ke dalam blog. Anggaplah kamu sudah selesai membuat blog tentang animasi, maka kamu dapat bergabung ke dalam komunitas animator di internet. Disanalah kamu dapat melakukan promosi blog yang telah kamu buat.

Namun ada juga cara lain yang dapat kamu coba, yaitu dengan teknik SEO. Untuk kamu yang belum tahu tentang SEO, SEO merupakan usaha untuk menampilkan website di mesin pencari dengan cara organik.

Namun ada satu hal yang patut diingat, untuk mendapatkan pengunjung di mesin pencari, kamu harus memastikan bahwa konten yang kamu buat memang benar-benar diminati dan memiliki riwayat jumlah pencarian. Cara paling mudah mendapatkan data-data jumlah pencarian dapat kamu coba dengan tool Google Keyword Planner.

Penutup

Diatas merupakan kiat-kiat mendapatkan penghasilan tambahan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Diantara kelima kiat tersebut, manakah yang kamu pilih? Tuliskan jawabanmu di kolom komentar.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.