Mewujudkan Pembangunan Aceh Yang Berkualitas Dan Berdaya Saing

Seminar ini diadakan pada 12 Desember 2017 lalu di Banda Aceh berdasarkan kerjasama antara IKA ITS (Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember) dan Bappeda Aceh, juga didukung oleh PT. Semen Indonesia Tbk., PT. Semen Gresik dan Nalco Water.

Seminar yang bertempat di Hermes Palace Hotel Banda Aceh lalu diadakan sebagai bentuk pembahasan dalam peluang dan tantangan Aceh sendiri dalam pembangunan yang berkualitas.

Seminar Nasional di Banda Aceh
Brosur detail seminar nasional yang diadakan di Banda Aceh Desember lalu

Nasehat dari Rektor ITS

Salah seorang narasumber, Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Prof. Ir. Joni Hermana, M. Sc Es., Ph.D., dalam pembahasannya, lebih menitikberatkan persoalan mengenai efisiensi dana APBD Aceh dalam pembangunan daerahnya. Dengan membandingkan nominal APBD Kota Surabaya yang mencapai 8 trilliun, Walikota Surabaya sendiri, Bu Tri Rismaharini, mengajak setiap wilayah kampung untuk gotong royong membangun perangkat kota seperti taman dengan pemerintah daerah hanya sebagai fasilitator.

Dengan taman sebagai andalan wajah kota yang lebih baik, banyak program-program lain yang berhasil berkat dukungan dari masyarakat Surabaya. Disini pemerintah kota hanya bertindak sebagai fasilitator dengan masyarakat kota Surabaya.

Seminar Nasional Mewujudkan Pembangunan Aceh Yang Berkualitas Dan Berdaya Saing
Prof Joni Hermana sebagai salah satu pembicara di Banda Aceh

Pelatihan gratis dari pemerintah Surabaya

Jika dibandingkan dengan APBD Aceh yang hanya sebesar 15 triliun, nilai ini adalah untuk satu daerah, bukan satu kota seperti Surabaya. Pastinya akan ketinggalan dengan kota Surabaya sendiri dalam hal pembangunan. Belum lagi, kota tersebut, lebih menitikberatkan keterlibatan masyarakan dalam pembangunan, berarti hemat lagi dalam pemakaian anggaran belanja kota. Salah satu pelatihan gratis dari pemerintah tentang pembangunan kepada masyarakatnya.

Selain dari itu semua, beliau juga membahas tentang peningkatan kualitas kebijakan pembangunan melalui Evidence Based Planning dimana akan kita bahas pada kesempatan berikutnya.

Seminar Nasional Mewujudkan Pembangunan Aceh Yang Berkualitas Dan Berdaya Saing
Foto bersama antara anggota dan panitia acara

Kesimpulan

Semoga ulasan saya bermanfaat. Artikel ini akan terus diperbaharui terutama penambahan tentang isi seminar nasional sendiri yang belum sempat saya tambahkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.