Pelatihan Kewirausahaan Di Fakultas Ekonomi Unsyiah Banda Aceh

Dengan “Penguatan Peran Industri Kreatif Sebagai Pondasi Ekonomi Aceh Menghadapi MEA 2015” di Aula Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jadwal pukul 08.30 – 12.00 WIB pada Sabtu, 24 Oktober 2015 tentang pelatihan kewirausahaan.

Namun acara sendiri baru dibuka pada jam 9.20 dengan penyerahan hadiah dalam lomba debat dan mewarnai pada acara ‘Management Creativity Festival’ sebelumnya. Dan acara ini baru dimulai mendekati jam 10.00 WIB. Sangat disayangkan, jadi saya menunggu disana sekitar satu setengah jam agar acaranya dimulai dan acara sendiri mengutip Rp. 75.000 dari peserta seminar untuk 2 jam acara.

Pembicara terdiri dari Dr. Mukhlis Yunus SE MS selaku Direktur Program Master Manajemen Unsyiah, dan Dr. Iskandarsyah Madjid SE MM yang pernah terpilih sebagai penggerak wirausaha terbaik nasional 2014. Dan Keenan Pearce sebagai CO Founder Euphoria Project mewakili enterpreneur muda Indonesia.

Semua pembicara menyampaikan isi yang sangat inspiratif dalam seminar pelatihan kewirausahaan ini mulai dari Dr. Iskandarsyah yang mengkritisi PNS yang menjadi sasaran lamaran kerja anak-anak muda Aceh sampai Dr. Mukhlis yang secara blak blakan mengkritisi dosen dan mahasiswa secara langsung atas mutu pendidikan dan kurangnya pengalaman praktisi dosen unsyiah. Bang Keenan, begitu beliau ingin disapa, juga tak lupa mengkritisi anak muda dalam 2 hal yaitu, nongkrong dan galau. Luar biasa.

Pelatihan Kewirausahaan Di Fakultas Ekonomi Unsyiah Banda Aceh
Pelatihan Kewirausahaan Di Fakultas Ekonomi Unsyiah Banda Aceh

 

Banyak hal yang bisa saya ambil dari seminar ini yang jauh lebih tinggi  nilainya dari harga tiket masuk, tentunya. Namun Himpunan Mahasiswa Managemen harusnya dapat lebih disiplin dalam mengatur waktu dan keramah tamahan terhadap peserta yang sudah bayar. Ya, saya melihat, anak managemen unsyiah sangat berbeda perilaku dari pada banyak jurusan lain di universitas yang sama yang saya datangi seminarnya. Saya kurang tahu kenapa. Mungkin mereka sudah bekerja keras untuk keberhasilan seminar ini, sedikit capek, saya maklumi, secara keseluruhan acara berjalan dengan baik.

Saya kurang tahu sebelumnya siapa Keenan Pearce, rupanya selebriti ya. Haha. Namun tetap menginspirasi. Good Job!

Baca lebih lanjut tentang pelatihan kewirausahaan lewat blog Akademi Bisnis kami.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *