Penggunaan Foto Pada Wallpaper Dinding Ruang Kantor

Sekarang saya bekerja sebagai desain interior, dan sudah beberapa bulan di ET Store Banda Aceh. Saya sendiri melihat desain interior ini sebagai barang baru, apalagi di ET Store, baru gambar eksisting yang selesai jadi belum benar-benar masuk ke dalam ranah interior apalagi wallpaper.

Namun akan saya coba bahas dan yang akan saya bahas sekarang adalah tentang penggunaan foto dalam desain wallpaper dinding ruang kantor. Terkait dengan hal ini, atasan saya di tempat saya bekerja sangat suka dalam hal desain maka semua konsep nanti berasal dari beliau. Tentunya saya harus memberikan masukan supaya beliau bisa memilih pilihan yang terbaik untuk nantinya dipakai di sana.

Di sebuah ruangan kantor yang cukup sempit berukuran 4 m x 3 m, atasan saya berniat untuk meletakkan satu wallpaper di bagian belakang monitor CCTV. Jadi ruangan bisa lebih hidup dengan adanya wallpaper tadi. Nah, dia bermaksud untuk meletakkan satu buah foto wallpaper sehingga ruangan 4 m x 3 m tadi bisa tampak lebih luas. Lihat contoh gambar dibawah. Kita akan coba bahas kelebihan dan kekurangannya untuk diimplementasikan di ruangan tersebut.

Living Room Walpaper
Denoxa.com

Kelebihan penggunaan wallpaper

Wallpaper yang menggunakan foto sebagai desain benar-benar terlihat menarik. Lihat pada gambar, wallpaper tampak hidup dan memberikan nilai-nilai positif yang dapat mempengaruhi kita yang berada di dalam ruangan. Sepertinya masuk akal jika foto seperti ini yang akan dipasang di ruangan itu. Secara arsitektur pun, desain wallpaper yang menggunakan foto dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Coba perhatikan gambar, seolah-olah ada ruang lain dalam gambar bukan?

Yang perlu dicermati

Namun, saat saya ditanya tentang hal ini, saya mulai berfikir apa memang begitu? Sekilas iya. Dan dari gambar pun jika saya teliti lagi tentu diambil dengan sudut yang memungkinkan hal ini terjadi oleh sang fotografer. Nah, apa sudut-sudut lainnya tetap akan memberikan nilai yang sama? Saya kurang yakin.

Apa lagi, menurut saya, jika materialnya kurang baik, terutama material-material yang dapat menimbulkan glare dan memantulkan sebagaian cahaya pada wallpaper, wallpaper jelas tidak akan terlihat hidup seperti yang diharapkan. Apalagi jika diharapkan dapat memberikan efek ruang seperti yang kita bahas sebelumnya.

Jadi alangkah lebih baik jika calon pembeli benar-benar memperhatikan kualitas dari motif wallpaper yang akan dibeli, bahkan sampai kepada supplier yang memberikan garansi jika kualitas wallpaper tadi tidak sesuai dengan perjanjian dengan distributor wallpaper tersebut.

Kesimpulan penggunaan wallpaper dinding ruang kantor

Karena masalah ini, wallpaper yang baik jelas sulit kami dapatkan di Aceh, sehingga kami harus mengantisipasi jika hal ini terjadi. Yang saya pikirkan waktu itu adalah jarak pandang minimum yang cukup jauh dari dinding yang ingin kami pasangkan wallpaper tersebut sehingga dapat memberikan efek ruang seperti yang diinginkan. Hal ini menjadi penting karena ruang hanya berukuran 3m x 4m dimana sangat sempit untuk mendapatkan jarak pandang yang cukup, terutama untuk menikmati foto wallpaper ini.

Jika terlalu dekat, tentunya glare dan sebagian refleksi cahaya pasti akan muncul di gambar dan tipuan yang diberikan gambar tak akan maksimal. Namun untuk dipasangkan di ruangan tersebut, saya kurang yakin akan dapat memberikan hasil yang kami harapkan. Ketidak cocokan antara jarak pandang efektif dan ruangan kantor yang kecil, membuat kami mengurungkan niat untuk memasang foto wallpaper dengan efek ruang seperti itu di kantor.

Akhirnya beliau memilih gambar ini.

Einstein
Netgundem.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.