Contoh Desain Rumah Dengan Konsep Ramah Lingkungan

Konsep hunian dengan mengusung tema ramah lingkungan ini akan menjadi trend desain rumah di Indonesia pada tahun 2016 ini. Konsep hunian yang satu ini memang terbilang ide yang bagus. Pasalnya kita semua sudah merasakan dampak dari pemanasan global maka dari itu dibutuhkan konsep bangunan yang mengusung tema ramah lingkungan.

Eco friendly house atau dalam bahasa Indonesia adalah rumah ramah lingkungan merupakan sebuah konsep dengan menggunakan wawasan lingkungan serta memanfaatkan sumber daya alam secara maksimal. Konsep dari rumah ramah lingkungan bisa saja dibuat dengan adanya area lahan hijau yang berada di latar depan maupun belakang rumah, penggunaan bahan alam sebagai material bangunan atau dalam pengolahan limbahnya agar tidak mencemarkan lingkungan.

Bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan konsep ramah lingkungan bisa mengalokasikan sekitar 30% lahan rumah yang tersedia menjadi sebuah lahan yang dipenuhi dengan tanaman. Tanaman tersebut bisa berupa tanaman air, tanaman dinding atau pagar tanaman. Untuk segi desain eksterior bisa membuatkan banyak jendela atau pintu guna melancarkan sirkulasi udara. Berikut beberapa contoh rumah dengan konsep ramah lingkungan yang bisa menjadi referensi bagi Anda.

Contoh Rumah Konsep Ramah Lingkungan

  1. Distort House

Rumah yang satu ini memiliki desain yang sangat asri dengan memanfaatkan area hijau di sekelilingnya. Jika pada umumnya arah rumah itu lurus namun untuk konsep yang satu ini sengaja di miringkan 15 derajat guna mendapatkan pemandangan maksimal dari taman yang berada di sekeliling rumah. Untuk ruangan publik dan semi publik sengaja diletakkan di lantai 1 agar bisa menyatu dengan suasana di taman. Material bangunan yang digunakan pun cukup unik yaitu dengan menggunakan bahan daur ulang yang tentunya tidak akan merusak alam sekitar. Jendela dan pintu pun menggunakan material dari bahan daur ulang sehingga menampilkan kesan yang unik. Atapnya menggunakan material daur ulang dari panel kayu. Untuk menjadikannya tampak semakin ramah lingkungan maka genteng yang digunakan adalah genteng terakota tanpa proses pengkilapan.

  1. Breathing House

Konsep hunian yang satu ini dibuat agar udara dan cahaya bisa masuk ke dalam rumah secara natural. Rumah yang didesain oleh arsitek Atelier Lili ini memiliki 3 lantai dengan luas tanah sekitar 320 meter. Di setiap lantainya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Pada lantai pertama sengaja di desain untuk ruang publik dengan ventilasi berlubang yang berada di beberapa bagian dinding lantai 1. Material yang digunakan berasal dari bahan alam seperti logam daur ulang, batu bata dan gain reinforced cement.

  1. Green Roof Residence

Konsep hunian ramah lingkungan ini memiliki ciri khas yaitu pada bagian atap dihiasi dengan tumbuhan hijau sehingga mengesankan nuansa yang sangat natural. Pada pagar rumahnya menggunakan batu alam yang dipecah lalu disusun dalam sebuah jaring kotak-kotak dari bahan material besi. Agar nuansa ramah lingkungannya lebih terasa maka pada bagian lantai carport rumah dialasi dengan batu kerikil yang disebar merata. Hal tersebut bertujuan agar air hujan bisa terserap dan meredam getaran yang ditimbulkan dari mobil yang masuk.

Apakah Anda sudah terinspirasi untuk membangun rumah dengan konsep ramah lingkungan? Jika iya maka ada baiknya Anda berdiskusi dengan arsitek karena merekalah yang lebih tahu mengenai desain dan material yang cocok digunakan untuk membangun hunian ramah lingkungan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.