TOEFL itu adalah…

By swifto Posted On Sep 8, 2017

Musim CPNS udah datang lagi, pasti banyak yang mencoba untuk ikut daftar kan? Bagi yang sudah daftar atau baru sekedar lihat-lihat persyaratan untuk daftar CPNS tahun ini, pasti akan nemu syarat skor TOEFL  disitu. Memang beberapa tahun terakhir ini TOEFL mulai dijadikan syarat untuk mendaftar kerja baik swasta ataupun CPNS. TOEFL adalah singkatan dari Test Of English as a Foreign Language yang dalam bahasa Indonesia maksudnya seberapa bagus bahasa Inggris kalian sebagai bahasa asing selain bahasa ibu. TOEFL sendiri adalah produk dari ETS (Educational Testing Service) yang berkedudukan di Amerika Serikat.

Bagian-bagian TOEFL

Gambar tutoring

English tutoring

TOEFL itu sendiri soalnya seperti apa sih? Ternyata soal TOEFL itu dibagi menjadi tiga bagian. Bagian yang pertama adalah Listening Comprehension yang dilakukan selama 35 menit dengan tiga part didalamnya. Part pertama adalah soal dengan short dialogue, lalu part kedua adalah soal dengan long dialogue yang biasanya sudah terdiri dari 4 sampai 5 soal per percakapan, dan yang terakhir adalah monologue.

Advertising

Lalu bagian kedua adalah Structure and Written Expression. Selama 25 menit. Wah, apa ya itu? Pada bagian Structure and Written expression ini kemampuan grammar bahasa inggris kita yang diuji. Dalam bagian ini ada dua part saja, yaitu part multiple choice dan error analysis. Multiple choice caranya mudah, hanya sekedar meneruskan kalimat atau mengisi titik-titik yang disediakan soal lalu mengisi dengan pilihan jawaban yang tersedia, untuk part error analysis kalian akan diminta untuk mencari bagian mana dari kalimat yang ternyata tidak well organized atau salah.

Bagian terakhir dari TOEFL adalah Reading Comprehension selama 55 menit. Reading ini sendiri hanya terdiri dari satu part dan satu kali tes biasanya kita akan menjumpai sekitar empat sampai lima bacaan untuk setiap lima sampai enam soal tiap bacaan. Bacaannya tidak panjang, kita hanya diminta teliti dan menguasai banyak kosa kata pada bagian ini.

Nah, sudah tahu kan sekarang TOEFL itu adalah apa? Sudah ada gambaran kan? Siap mencoba tes TOEFL? Atau masih kurang PD dan butuh tips untuk menghadapi soal-soal TOEFL? Tenang, bagi yang masih bingung tentang TOEFL atau pingin latihan TOEFL secara online, banyak sekali website yang membahas tentang TOEFL ini secara online, jadi tidak pernah ada alasan untuk tidak belajar.

 

Sep 8, 2017 - Posted by swifto - 1 Comment

One Response to “TOEFL itu adalah…”

  1. qi bug says:

    Memang belakangan ini TEOFL semakin populer baik di kalangan akademika maupun di kalangan institusional baik institusi swasta maupun negeri sebagai salah satu kriteria penerimaan anggota team ataupun pegawai baru…

    Jadi ingatnya susahnya test TEOFL ini ya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *