Home » Tips Menulis CV Agar Segera Mendapatkan Undangan Wawancara Kerja

Tips Menulis CV Agar Segera Mendapatkan Undangan Wawancara Kerja

By jantol Posted On Sep 3, 2017

Memiliki pekerjaan yang layak adalah dambaan bagi setiap orang. Gaji yang baik, jobdesk sesuai dengan keahlian hingga lokasi pekerjaan yang dekat dengan rumah adalah beberapa pertimbangan yang dipikirkan oleh banyak orang saat memilih pekerjaan. Nah, untuk kamu yang tinggal di kota metropolitan Surabaya tentu mencari lowongan pekerjaan Surabaya hari ini tidak terlalu sulit, kan? Tantangannya adalah strategi apa yang harus kita lakukan agar kita bisa mendapatkan undangan wawancara dari perusahaan tempat kita melamar.

lowongan pekerjaan surabaya hari ini

Salah satu caranya adalah dengan membuat CV atau resume sesuai dengan apa yang diharapkan oleh HRD perusahaan tersebut. Kita harus bisa membaca keadaan. Jangan membuat CV atau resume yang akhirnya hanya akan masuk ke dalam folder archive sang HRD. Mau tahu apa saja kesalahan yang sering dilakukan dalam membuat CV? Yuk, simak informasi yang telah dirangkum oleh Aceh Foundation di bawah ini!

Tak Ada Kalimat Pernyataan Intro

Tak ada HRD yang tertarik dengan pelamar lowongan pekerjaan Surabaya hari ini yang tak bisa meng-engage perhatian Sang HRD. Salah satu caranya adalah dengan membuat kalimat pernyataan intro yang jelas dan ringkas. Dengan begini HRD bisa mengenal dirimu lebih dalam dan tidak akan mengabaikan CV-mu begitu saja.

Memasukkan Informasi yang Berebihan

Mungkin kamu memiliki pengalaman kerja yang cukup banyak dan panjang. Namun, kamu tak perlu menuliskan semua pengalamanmu tersebut secara detail. Hal tersebut hanya akan membuat HRD merasa jenuh dan mengurungkan niat untuk membaca CV-mu lebih lanjut.

Memasukkan Prestasi yang Tidak Jelas

Saat kamu memiliki sebuah prestasi atau pencapaian, maka hal tersebut harus benar-benar dijelaskan dengan detail. Jangan memasukkan prestasi yang tidak bisa ditelusuri kevalidannya karena hal tersebut justru akan menjadi bumerang bagi dirimu sendiri.

Kurangnya Data Mengenai Kepribadian

HRD sering menilai kandidat dari CV yang mereka buat. Seorang HRD tak akan mau mengundang kandidat yang tidak menarik dalam sebuah wawancara kerja. Jika kamu tak punya keahlian dalam bidang desain dan copywriting maka mintalah bantuan temanmu yang memiliki keahlian tersebut untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Konten yang Tidak Sesuai dengan Lowongan Pekerjaan Surabaya Hari Ini

Kadang banyak juga orang yang menulis konten di CV yang tidak memiliki relevansi dengan lowongan kerja Surabaya yang sedang dibuka. Sebagai contoh, sebuah lowongan pekerjaan Surabaya hari ini di bidang IT tengah dibuka, namun kamu malah melamar lowongan tersebut dengan background-mu yang seorang marketing. Tentu hal ini tidak relevan, kan?

Konten Tak Layak Dibaca

Hal ini adalah sebuah kesalahan fatal saat kamu menulis konten yang tak layak dibaca oleh HRD. Konten tak layak baca antara lain memiliki font yang terlalu kecil, menggunakan font yang tidak nyaman untuk dibaca dan lain sebagainya. Nah, buatlah CV-mu sebaik mungkin agar HRD pun tertarik untuk mengundangmu dalam wawancara kerja.

Typo pada Surat Lamaran Lowongan Pekerjaan Surabaya Hari Ini

Kesalahan terbesar dalam pembuatan CV adalah typo. Jangan pernah melakukan kesalahan ini jika kamu tak mau dianggap sebagai orang yang tak kompeten dalam bekerja. Kamu memiliki waktu yang panjang dalam membuat CV, oleh karena itu buatlah sebaik dan seteliti mungkin. Jangan sampai ada kesalahan!

Nah, itu tadi beberapa hal yang tak boleh ada dalam CV-mu jika kamu sedang melamar lowongan pekerjaan Surabaya hari ini. Selamat mencoba!

Sep 3, 2017 - Posted by jantol - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *