Home » 5 Alasan Cerdas Kenapa Banyak Orang Memilih Usaha Makanan  

5 Alasan Cerdas Kenapa Banyak Orang Memilih Usaha Makanan  

By Chintya Posted On Aug 2, 2017

Pernah menghitung berapa warung makanan yang ada di sekitar rumah, sekolah, kampus, kantor, atau pun tempat umum? Tentunya tidak ya sobat. Tidak menghitung bukan berarti tidak peduli, tapi karena terlalu banyak. Ya trend peluang usaha makanan memang tidak pernah mati. Semua orang hidup pasti butuh makan dan minum. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan bisnis kuliner bisa jaya diwaktu apapun.

Disepanjang jalan pun banyak orang berjualan makanan. Semua jenis makanan dengan harga murah hingga mahal, dari porsi sedikit hingga jumbo sekalipun, sangat mudah kita temukan. Alasannya mengapa banyak orang memilih untuk menjadi pengusaha makanan? Ini jawabannya sebagai berikut:

Advertising

1. Semua Orang Membutuhkan Makan

Sejak kita kecil, tentunya orangtua, guru, atau pun dokter yang memeriksa ketika sakit selalu bilang bahwa anjuran makan ialah 3 kali sehari. Sejalan dengan hal itu, kebutuhan makan 3 kali sehari memang perlu didukung dengan ketersediaan konsumsi. Peluang inilah yang kemudian menjadikan banyak orang memilih usaha makanan.

Ketika kita memutuskan untuk memiliki usaha makanan, kita sudah berusaha memberikan pelayanan yang baik. Tentunya kita sudah tidak perlu lagi takut tidak laku. Sebab semua orang butuh makan. Hanya saja kita perlu kreatif untuk membuat orang mau mampir ke tempat jualan kita.

2. Makanan Juga Menjadi Trend

Kini makanan bukan hanya menjadi kebutuhan pokok, tapi juga trend dan gaya hidup. Banyak keluarga, sepasang kekasih, gerombolan anak muda, dan siapa pun yang memiliki jadwal khusus untuk wisata kuliner. Wisata kuliner merupakan upaya seseorang meluangkan waktunya untuk mempererat tali persaudaraan dan menikmati hidup.

Wisata kuliner bahkan menjadi trend untuk di-share media sosial, blog, vlog, dan sejenisnya. Bahkan foto yang di­-share tersebut bisa jadi justru mendatangkan rezeki. Banyak lapak atau penjual yang mau endorse dan di­-promote agar lebih mudah diketahui banyak orang sehingga meningkatkan nilai jual.

3. Keuntungannya Cukup Besar

Keuntungan yang akan kamu raih jika membuka usaha restoran tentunya cukup besar. Mengapa? Sebab kamu membeli bahan baku dalam keadaan mentah dalam jumlah banyak kemudian di masak sesuai dengan porsi dagangan dan dijual lagi. Tentunya keuntungan yang akan didapat sungguh berlipat ganda.

Terlebih jika sudah banyak pelanggan yang mendatangi warung makanmu. Sudah pasti keuntungan berkali-kali lipat akan kamu raih hanya dalam waktu singkat saja. Bahkan omsetmu bisa digunakan untuk mengembangkan modal atau investasi.

4. Peluang Bisnis Bercabang Atau Berantai

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang paling cepat balik modal. Pengelolaan laba yang baik akan membuat tabunganmu gendut. Tabunganmu bisa digunakan untuk membuka cabang. Selain itu brand daganganmu bisa membantu kerabatmu untuk membuka cabang baru.

Bisa jadi adikmu, saudaramu, atau kerabatmu juga menjadi cabang dari makanan yang kamu jual. Tentu kebesaran nama atau brand dari daganganmu akan lebih dikenal orang dan dinilai sebagai kuliner yang sudah profesional dan memiliki citarasa tinggi.

5. Usaha yang Cukup Sederhana

Bisnis makanan merupakan salah satu usaha yang dapat membuat kita lebih bebas melakukan kegiatan lain atau pun memiliki waktu istirahat. Pekerjaan kuliner tidak membutuhkan pekerja yang berat dibandingkan dengan jika kita membuat konstruksi bangunan yang membutuhkan banyak para ahli.

Peluang usaha makanan merupakan usaha yang sedang membuat orang memiliki kenaikan taraf hidup. Apalagi jika kuliner yang kamu jual enak dan memiliki cirikhas, tentu akan banyak pelanggan setiap yang akan makan di rumah makanmu. Usaha makanan juga merupakan usaha yang dapat diupayakan dengan memiliki ahli masak yang handal dan pelayan yang ramah kepada setiap pelanggan.

Kualitas dan rasa memang menentukan segalanya. Untuk segi kualitas Anda bisa memaksimalkan dalam pelayanan, keramahan dan kualitas dari produk itu sendiri. Jika rasa dan kualitas sudah bisa diunggulkan, maka dijamin bisnis makananmu akan mendatangkan omset maksimal. Untuk menjalankannya memang tidak mudah. Anda butuh ketekunan, keseriusan dan kerja keras untuk menjalankannya.

Peluang usaha makanan itu terbuka lebar. Sekarang tinggal Anda yang mengambil keputusan. Mengambil peluang itu atau membiarkannya begitu saja.

Aug 2, 2017 - Posted by Chintya - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *